Kompas.com - 11/08/2022, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada beberapa situasi yang membuat orang-orang harus meninggalkan rumah dalam keadaan kosong karena tidak memiliki anggota keluarga lain atau pekerja untuk menjaga rumah.

Oleh karena itu, berbagai langkah untuk mengamankan rumah akan dilakukan guna mencegah terjadinya pencurian atau kebakaran.

Baca juga: 4 Aturan Feng Shui untuk Pintu Masuk Rumah yang Menghadap ke Barat

Tentunya, hal tersebut tidak hanya merugikan pemilik rumah tetapi juga para tetangga yang menjadi merasa harus lebih waspada.

Dikutip dari Family Handyman, Kamis (11/8/2022), ada beberapa langkah aman meninggalkan rumah dalam keadaan kosong yang bisa kamu tiru, yakni sebagai berikut.

1. Atur ulang pemanas air

Ilustrasi water heater.SHUTTERSTOCK / neotemlpars Ilustrasi water heater.

Pengukur suhu pada sebagian besar tangki pemanas air memiliki pengaturan bernama “vacation mode”. Mereka mencegah alat membuang energi pemanas air yang tidak akan digunakan.

Artinya, suhu panas yang dikeluarkan berada pada tingkat yang lebih rendah, sehingga menghemat pengeluaran listrik.

Namun, tidak semua merek menggunakan nama “vacation mode”. Perhatikan kembali buku panduan yang diberikan oleh pabrik pemanas air.

2. Cabut semua alat elektronik

Sebelum meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, cabut seluruh alat elektronik yang tidak berkaitan dengan keamanan rumah, pencahayaan, atau kulkas.

Baca juga: Hati-hati, 7 Benda Ini Berpotensi Menyebabkan Kebakaran di Rumah

Selain mencegah tagihan listrik tetap berjalan, juga menghindari rsiko kebakaran listrik. Tentunya, printer atau televisi di kamar tidur tidak perlu ditancapkan ke stopkontak ketika rumah sedang kosong.

3. Buang makanan yang mudah basi

Buah-buahan, sayuran, dan makanan lainnya yang mudah basi sebaiknya disingkirkan dari kulkas dan lemari dapur sebelum kamu pergi untuk waktu yang cukup lama.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.