Kompas.com - 08/08/2022, 07:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing merupakan salah satu hewan dengan populasi terbanyak di dunia. Tak heran, membuat anjing mudah ditemukan di belahan dunia mana pun, bahkan kutub utara yang sangat dingin. 

Populasi anjing ini terdiri atas berbagai ras dengan berbagai ukuran dan tampilan, dari ras anjing kecil, ras anjing besar, ras anjing serigala, hingga ras anjing paling galak di dunia

Baca juga: 5 Ras Anjing dari Iklim Dingin yang Bisa Dipelihara di Indonesia

Semua ras anjing yang ada saat ini berasal dari nenek moyang serigala. Bahkan ada beberapa ras anjing yang masih memiliki tampilan seperti serigala, tapi tidak lagi mengambil sifatnya yang ganas karena telah dijinakkan dan melewati sejumlah pelatihan seperti Siberian Husky dan German Shepherd

Lantas, ada berapa jumlah ras anjing di dunia?

Jumlah total ras anjing di dunia selalu berubah dan jumlah ras yang diakui pada akhirnya tergantung pada organisasi yang melakukan pengenalan. 

Baca juga: 4 Fakta Menarik Anjing Alaskan Malamute, Si Tubuh Besar Berhati Lembut

Ilustrasi anjing Alaskan malamutePIXABAY/lazyboness Ilustrasi anjing Alaskan malamute
“AKC mengakui 195 ras dengan 79 ras anjing tambahan bekerja menuju pengakuan penuh,” kata Gina DiNardo, Sekretaris Eksekutif American Kennel Club (AKC)—sebuah badan atau organisasi pengasuhan anjing di Amerika Serikat—dikutip dari Reader Digest, Senin (8/8/2022). 

DiNardo menambahkan, ada ras anjing yang belum memenuhi persyaratan untuk diakui dan sebagian ras memilih untuk tidak mencari pengakuan penuh saat ini.”

Menurut DiNardo, jumlah ras anjing berubah setiap tahun karena semakin banyak ras yang dikenali atau baru dikembangkan. 

Baca juga: 9 Fakta Menarik English Mastiff, Anjing Paling Besar di Dunia

Menariknya, beberapa ras anjing yang diakui sebenarnya tidak “baru”. Banyak yang telah ada selama bertahun-tahun, bahkan beberapa ratusan tahun.

Contohnya Barbet, anjing air Prancis, yang telah ada sejak abad ke-16. Barbet baru diakui secara resmi AKC pada 2020 dan menjadi salah satu ras anjing terbaru untuk bersaing di Westminster Dog Show 2020.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.