Kompas.com - 07/08/2022, 21:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Handuk adalah benda yang dibutuhkan saat mandi. Namun, terkadang sulit membedakan handuk mana yang harus dibuang dan masih bisa digunakan. 

Mengganti handuk tak selalu harus dilakukan sampai betul-betul rusak seperti bolong atau robek. Anda bisa mengganti handuk baru tanpa perlu menunggu bolong. 

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Noda Jamur pada Handuk Mandi

"Memperpanjang umur handuk selalu dimulai dengan memperlakukannya dengan baik," jelas Janet Wischnia, pendiri American Blossom Linens di Thomaston, Georgia, Amerika Serikat, dilansir dari Southern Living, Minggu (7/8/2022).

Membersihkan dan merawat handuk perlu dilakukan secara rutin karena menyerap banyak kotoran dan minyak dari tubuh serta menampung banyak kuman.

Selain bolong atau robek, ada beberapa tanda perlu mengganti handuk seperti berikut ini. 

Baca juga: 5 Tanda Handuk Mandi Sudah Tidak Perlu Digunakan Lagi 

Kasar 

Ilustrasi handuk mandi Ilustrasi handuk mandi
Kurangnya kelembutan adalah tanda jelas bahwa handuk sudah perlu diganti. "Ini kadang-kadang bisa terjadi ketika mereka dicuci dengan terlalu banyak detergen," jelas Wischnia. 

Bau 

Jika handuk masih memiliki bau apak meski telah dicuci dengan detergen, ini menandakan handuk mulai menyerap lebih banyak kuman daripada kelembapan sehingga perlu menggantinya. 

Baca juga: 3 Tips Merawat Handuk agar Tetap Bagus, Lembut, dan Tahan Lama

Tidak menyerap 

Tanda lain handuk perlu diganti adalah jik tidak lagi menyerap sebanyak dulu "Handuk tidak lagi layak untuk dipakai dan ssaatnya untuk menganti handuk baru," kata Wischnia. 

Robek dan berjumbai pada ujungnya 

Wischnia menjelaskan, ini adalah tanda lebih jelas bahwa handuk mandi harur segera diganti. Ini bisa menyebabkan handuk tidak lagi menyerap. 

Baca juga: 6 Ide Penyimpanan Handuk di Kamar Mandi yang Cantik dan Praktis  

Memiliki umur yang sudah bertahun-tahun

Ilustrasi handuk mikrofiber. SHUTTERSTOCK/KONDORUK Ilustrasi handuk mikrofiber.
Selama bertahun-tahun, keausan dapat terjadi pada handuk mandi. "Tergantung pada berapa banyak handuk yang dimiliki dan seberapa sering Anda mencuci serta kualitasnya, waktu penggantian dapat berubah," ucap Wischnia.

Seberapa sering harus mengganti handuk?

Frekuensi mengganti handuk sangat bergantung pada kegunaannya. "Hal yang baik untuk diingat adalah mengganti handuk kamar mandi setiap dua sampai lima tahun dan handuk dapur dan waslap setiap tahun atau setiap dua tahun, tergantung kualitasnya," jelas Wischnia. 

Baca juga: 6 Kesalahan saat Mencuci Handuk, Bikin Makin Kotor 

Seberapa sering mencuci handuk? 

Ini bervariasi tergantung pada apa tepatnya Anda menggunakan handuk. "Untuk handuk kamar mandi, sebaiknya dicuci setiap tiga hingga empat hari sekali, sedangkan handuk dapur perlu dibersihkan lebih sering," ucapnya.

Hal yang perlu diperhatikan adalah pastikan menggantung handuk saat mencucinya daripada membiarkannya bergerombol karena bisa menyebabkan bau apak. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.