Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Bathtub Pakai Cuka dan Sabun Cuci Piring

Kompas.com - 28/07/2022, 21:34 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bathtub merupakan cara mudah untuk menghilangkan stres dan mendorong relaksasi. Akan tetapi, penumpukan noda dan kotoran membuat kegiatan berendam di rumah menjadi tidak nyaman.

Dikutip dari Better Homes & Gardens, Kamis (28/7/2022), bakteri, kotoran, endapan dan kerak air, sisa buih sabun, jamur, dan lumut dapat menumpuk di bathtub jika tidak dibersihkan secara rutin.

Anda dapat menggunakan bahan-bahan rumah tangga, termasuk sabun cuci piring, cuka putih, dan soda kue, untuk membersihkan kotoran dan menghilangkan noda di bathtub dengan sedikit menggosok, menghemat waktu dan uang Anda.

Baca juga: Cara Membersihkan Bathtub agar Kembali Bersih Berkilau

Ilustrasi kamar mandi modern, Ilustrasi bathtub.Shutterstock/Julia Vadi Ilustrasi kamar mandi modern, Ilustrasi bathtub.

Apa yang harus digunakan untuk membersihkan bathtub?

Perhatikan material bathtub saat memutuskan cara terbaik untuk membersihkan bathtub. Material bathtub yang paling umum termasuk fiberglass, akrilik, baja berenamel porselen, dan resin batu, yang semuanya memerlukan pertimbangan berbeda untuk dibersihkan.

Bathtub akrilik dan fiberglass, misalnya, dapat dengan mudah tergores dengan alat atau pembersih abrasif, sedangkan permukaan enamel porselen rentan terhadap retakan dan karat.

Tanyakan kepada produsen atau penjual bathtub untuk petunjuk spesifik.

Namun, secara umum, yang terbaik adalah menghindari alat seperti wol baja atau bantalan gosok abrasif saat membersihkan bathtub.

Baca juga: Antiribet, Ini 6 Langkah Sederhana Membersihkan Bathtub

Pilih pembersih bathtub ringan atau bahan pembersih alami, seperti cuka putih dan soda kue, daripada bahan kimia keras dan bubuk gosok yang dapat merusak permukaan bathtub.

Untuk produk yang dibeli di pasaran, periksa labelnya untuk memastikan pembersih boleh digunakan pada jenis dan material bathtub.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com