Kompas.com - 18/07/2022, 11:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk meraih penghargaan sebagai Best Asia’s Transformation Bank tahun 2022 di ajang Euromoney Awards of Excellence 2022. Dalam ajang yang diselenggarakan oleh Euromoney.

Menurut majalah ekonomi terkemuka tersebut, BTN dinilai telah menjalani transformasinya dengan baik dan fokus pada perluasan bisnis berbasis ekosistem perumahan.

Sebagai bank yang fokus pada perumahan di Indonesia, dengan KPR mencapai 89 persen dari portofolio kredit, BTN bertindak sebagai akselerator Program Sejuta Rumah yang diinisiasi Pemerintah sejak tahun 2015 sebagai solusi dari backlog perumahan nasional yang diperkirakan mencapai 11,4 juta rumah.

Baca juga: Kurangi Backlog Perumahan, BTN Dorong Sekuritisasi Aset KPR

Ilustrasi membeli rumah. FREEPIK/JCOMP Ilustrasi membeli rumah.

Menurut Euromoney, BTN dinilai pada posisi yang tepat untuk menjadi mitra Pemerintah dalam mengurangi backlog perumahan, tetapi peran tersebut sempat terhambat oleh Covid-19.

Pandemi mendisrupsi aktivitas ekonomi dan menurunkan daya beli masyarakat, mengurangi permintaan KPR dan kemampuan untuk membayar angsuran.

Hal tersebut berdampak pada rasio kredit bermasalah dan ketatnya likuiditas serta naiknya biaya dana.

Euromoney mengapresiasi BTN yang telah mencanangkan program transformasi dengan visi menjadi Best Mortgage Bank di Asia Tenggara pada tahun 2025.

Baca juga: Dalam Sehari, BTN Gelar Akad Massal KPR Subsidi 10.000 Unit Rumah

Dalam mewujudkan posisinya tersebut BTN menjalankan setidaknya lima hal yaitu repricing dana pihak ketiga dengan melakukan rekomposisi pendanaan yang lebih fokus ke dana murah, pengembangan produk tabungan baru.

Kemudian, BTN juga mengembangkan pinjaman untuk segmen milenial mengembangkan bisnis di sepanjang rantai pasok perumahan, membangun ekosistem digital mortgage dan membangun sentralisasi proses operasional serta memperkuat permodalan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.