Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Tanaman yang Bisa Meningkatkan Kelembapan di Ruangan

Kompas.com - 16/07/2022, 07:47 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain memberikan oksigen, tanaman hias juga bisa menghilangkan bahan kimia berbahaya dan polutan dari udara di dalam ruangan.

Beberapa tanaman membantu mengembalikan kelembapan ke udara, yang membantu menjaga kelembapan ideal dan mencegah kondisi seperti sakit tenggorokan, masalah pernapasan, dan kulit keriput.

Dikutip dari Balcony Garden Web, Sabtu (16/7/2022), udara kering bisa menerpa. Ini termasuk ruangan ber-AC yang bisa menyebabkan udara kering di dalam ruangan.

Baca juga: 12 Tanaman Hias Kecil yang Cocok Jadi Dekorasi Rumah

Tidak hanya indah dilihat, pohon palem juga menciptakan semacam hutan hujan dalam ruangan yang mungil sehingga dapat membuat rumah terasa lebih sejuk ketika cuaca panasSHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Tidak hanya indah dilihat, pohon palem juga menciptakan semacam hutan hujan dalam ruangan yang mungil sehingga dapat membuat rumah terasa lebih sejuk ketika cuaca panas

Penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Hygiene and Environmental Health menyatakan, menghirup udara kering secara teratur dapat menyebabkan potensi bahaya kesehatan seperti asma, sinusitis, mimisan, bronkitis, dan banyak masalah pernapasan lainnya. Ini juga menyebabkan iritasi kulit dan masalah mata.

Salah satu cara sederhana untuk meningkatkan kelembapan di dalam ruangan yang udaranya kering adalah dengan menanam tanaman dalam ruangan yang meningkatkan kelembapan.

Tanaman ini aman, alami, dan juga terlihat cantik sambil menyelamatkan Anda dari potensi masalah kesehatan.

Dalam apa yang disebut sebagai Transpirasi, sama seperti kita melepaskan uap air ke udara saat kita berkeringat dan bernapas, tumbuhan melakukan hal yang sama.

Baca juga: Cara Mengusir Semut pada Tanaman Hias

Struktur kecil seperti pori-pori di permukaan daun, yang dikenal sebagai stomata, melepaskan uap air ke udara, sehingga meningkatkan kelembapan. Semakin banyak tanaman melakukan transpirasi, semakin banyak kelembaban di sekitarnya.

Berikut beberapa tanaman yang dapat meningkatkan kelembapan di dalam ruangan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com