Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan Warna Gorden yang Sesuai dengan Cat Dinding Ruangan

Kompas.com - 08/07/2022, 22:15 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gorden menjadi salah satu item dekorasi yang wajib dimiliki setiap rumah. Kombinasi warna gorden yang tepat dapat menambah kesan mewah pada sebuah ruangan.

Namun, sebelum memutuskan mencari warna gorden, ada beberapa panduan dan saran yang harus diikuti agar bisa membuat ruangan tampak cantik dan mewah. 

Dilansir dari Housing, Jumat (8/7/2022), berikut tips memilih warna gorden yang sesuai dengan cat dinding

Baca juga: Cara Mencuci Gorden Pakai Tangan dan Mesin Cuci, Tak Perlu ke Laundry 

Warna gorden untuk ruangan putih

Ilustrasi gorden. FREEPIK/TOPNTP26 Ilustrasi gorden.
Ruangan putih cocok dengan hampir semua warna gorden. Gunakan warna tirai biru di ruang tamu putih untuk menciptakan keseimbangan dan kontras yang luar biasa.

Palet ini tidak hanya memberi kedamaian, tetapi juga meningkatkan suasana di rumah. Biru dan putih yang dipadukan akan memiliki tampilan yang anggun serta cemerlang.

Pilih tirai beludru biru yang terlihat fantastis saat dipasangkan dengan dinding putih. Beludru matte adalah bahan cantik yang dapat memancarkan cahaya ke ruangan mana pun.

Selain itu, ruangan putih juga bisa menggunakan gorden hitam untuk membantu menciptakan kontras yang mencolok. 

Baca juga: 3 Kesalahan Memilih Gorden yang Sering Dilakukan Orang

Bayangan ini dapat dengan mudah digunakan untuk membingkai jendela dan membuatnya menonjol pada dinding ruangan yang putih bersih.

Di ruangan yang lebih besar, gorden hitam akan membantu menyatukan desain, terutama jika digunakan bersama dengan aksen lain untuk menciptakan tampilan yang koheren.

Gorden bercorak bunga-bunga juga bisa menjadi salah satu pilihan yang cocok untuk dinding putih. 

Penggunaan tirai bunga multiwarna dalam pengaturan kontemporer dan klasik dapat membantu mencerahkan ruang tamu putih dan mengubahnya menjadi lebih istimewa. Warna gorden bunga tidak terbatas, jadi Anda tidak dibatasi pilihannya. 

Baca juga: 4 Tips Memilih Gorden yang Cocok untuk Desain Rumah Minimalis 

Warna gorden untuk ruangan krem

Ilustrasi gorden pintu.SHUTTERSTOCK / alexandre zveiger Ilustrasi gorden pintu.
Jika memiliki banyak cahaya alami di ruangan, merah anggur adalah salah satu warna tirai yang paling menarik untuk dinding krem.

Selain itu, gorden coklat juga bisa menjadi pilihan pas untuk ruangan dengan dinding krem. Coklat adalah warna alami yang menciptakan perasaan berkuasa dan dapat diandalkan.

Seperti warna bumi, coklat biasanya dihubungkan dengan perasaan aman dan dapat diandalkan. Namun, saat menempatkan warna gorden coklat pada sebuah ruangan, pastikan desain ruangan lainnya cerah dan ceria untuk menghindari ruangan menjadi kusam serta tidak menarik. 

Baca juga: 4 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Gorden

Selanjutnya, bisa menggunakan gorden ungu. Ungu adalah warna yang dalam, dramatis, serta  biasanya dikaitkan dengan monarki, gairah, keanggunan, sensualitas, dan emosi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com