Kompas.com - 04/07/2022, 09:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Tidak semua orang menyukai jika rumahnya disambangi oleh kecoak. Sebab, mereka membuat hunian terkesan kotor dan tidak terawat.

Di samping itu, kecoak pun cukup membahayakan anggota keluarga. Pasalnya, mereka dapat menyebabkan manusia keracunan makanan akibat menyantap hidangan yang telah disinggahi serangga ini.

Baca juga: Apakah Kecoak Bisa Hidup di Dalam Dinding? Ini Penjelasannya

Tidak hanya itu, kecoak pun dapat memicu reaksi alergi karena alergen yang terdapat pada kotoran, tubuh, telur, dan air liur kecoak.

Tidak heran, banyak masyarakat yang segera membasminya sesaat setelah kecoak terlihat berjalan-jalan di dalam rumah.

Ilustrasi penggorengan kotor.SHUTTERSTOCK / Photosiber Ilustrasi penggorengan kotor.

Disadur dari Real Living Philippines, Senin (4/7/2022), kecoak hadir di dalam rumah manusia bukan tanpa alasan. Ada berbagai macam hal yang menarik perhatiannya, yakni sebagai berikut.

1. Sisa makanan

Kecoak menyukai makanan manusia yang mencakup camilan manis, pati, daging, dan keju. Mereka pun menyukai makanan yang berminyak.

Baca juga: 5 Bahan Alami yang Ampuh Membasmi Kecoak dari Rumah

Jadi, ada baiknya kamu berhenti membiarkan wajan yang dipenuhi bekas minyak tidak tercuci di atas kompor. Lalu, jangan biarkan makanan terbuka untuk waktu yang lama.

Kemudian, pastikan saluran pembuangan pada wastafel dapur bersih dari sisa makanan dan minyak sebelum tidur.

2. Tempat yang gelap dan lembap

Jika kecoak sering terlihat di kamar mandi, ada kemungkinan besar ruanganmu tidak mendapatkan sirkulasi udara yang cukup untuk menjaganya tetap kering. Kecoak suka bertelur di sudut-sudut gelap.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.