Kompas.com - 04/07/2022, 07:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak semua serangga di halaman rumah adalah hama yang merusak tanaman. Beberapa serangga diketahui bermanfaat bagi tanaman di pekarangan rumah Anda.

Dikutip dari Reader's Digest, Senin (4/7/2022), beberapa serangga membantu penyerbukan tanaman atau memakan hama yang merusak tanaman. Namun demikian, ada juga sejumlah serangga yang cuma mampir di pekarangan rumah, namun tidak membuat tanaman rusak.

Berikut beberapa serangga yang tidak boleh dibasmi di pekarangan rumah.

Baca juga: Waspada, 4 Serangga Ini Dapat Hidup di Kasur

Ilustrasi belalang sembah. Belalang sembah adalah salah satu musuh alami hama tanaman. PIXABAY/JOSCH13 Ilustrasi belalang sembah. Belalang sembah adalah salah satu musuh alami hama tanaman.

1. Belalang sembah

Belalang sembah memiliki kepala segitiga besar dengan mata melotot dan tubuh panjang tempat mereka menyembunyikan sayapnya. Belalang sembah memiliki kaki depan yang membesar yang digunakan untuk menangkap dan menahan mangsa.

Untuk memuaskan selera makannya, belalang sembah memakan serangga lain seperti kutu daun, ulat, dan kumbang. Jika Anda menemukan serangga ini di pekarangan rumah, jangan dibasmi.

Apabila Anda menemukannya di tempat lain, letakkan di pekarangan rumah.

2. Laba-laba

Jika Anda takut laba-laba, pahami bahwa laba-laba di pekarangan rumah tidaklah berbahaya. Faktanya, laba-laba menenun jaringnya untuk menangkap serangga yang merusak tanaman.

Baca juga: Hati-hati, Ini Sederet Serangga yang Berbahaya untuk Kucing

3. Kepik

Kepik (Hippodamia konvergen) dikenal sebagai serangga dengan penampilan yang cantik. Kepik memakan kutu daun, tungau, serangga bertubuh lunak lainnya, dan semua telur yang dapat ia temukan di pekarangan rumah.

4. Lebah

Kehadiran lebah penting karena mereka menyerbuki tanaman. Oleh sebab itu, jangan khawatir tentang kehadiran lebah di antara tanaman di pekarangan rumah Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.