Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Kecoak di Rumah? Basmi dengan 4 Bahan Alami Ini

Kompas.com - 26/12/2021, 11:56 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah yang dimasuki banyak kecoak tak hanya menjadi lebih kotor, tapi juga berbahaya bagi kesehatan anggota keluarga.

Untuk mengusir kecoak, Anda dapat menggunakan semprotan pembasmi serangga. Namun,  jika ingin beralih ke cara lebih alami, Anda dapat menggunakan bahan-bahan yang tidak disukai kecoak. 

Dilansir dari Tipsbulletin, Minggu (26/12/2021), ada banyak cara membunuh kecoa secara alami, dari meletakkan tanaman hingga menggunakan beragam aroma seperti berikut ini. 

Baca juga: Segera Basmi, Ini Bahaya Kecoak untuk Manusia dan Hewan Peliharaan 

Usir kecoak dengan wewangian 

Kecoak memiliki indera penciuman yang sangat halus. Kecoak dapat mencium bau makanan melalui wadah kedap udara danseluruh rumah. Namun, tidak semua aroma disukai kecoak. 

Ada banyak tanaman yang dibenci kecoak, yang bisa menjadi pembasmi alami. Beberapa bahan dan alat yang harus disiapkan untuk membasmi kecoak adalah daun salam kering, ampas kopi, daunt mint, serta sarung tangan. 

Baca juga: Tips Mengendalikan Kecoak di Rumah Menurut Pakar

Untuk membuatnya, pertama kenakan sarung tangan terlebih dahulu. Hancurkan daun salam hingga menjadi bubuk dan potong-potong daun mint menjadi potongan-potongan kecil.

Taburkan mint, daun salam, dan bubuk kopi pada sudut-sudut ruangan, di dekat sumber makanan, dan di pintu masuk kecoak.

Bahan-bahan ini memiliki aroma yang tahan lama dan merupakan cara bagus untuk mengusir kecoak dari rumah. Oleskan kembali wewangian secara berkala untuk terus melakukan pengendalian kecoak. 

Baca juga: 8 Tips Mengendalikan Tikus, Kecoak, Lalat dan Semut di Dapur

Gunakan semprotan minyak esensial 

Saat menggabungkan minyak esensial dengan air sabun dan bawang putih, Anda menghasilkan semprotan yang luar biasa untuk mengusir kecoak.

Siapkan bahan yang terdiri atas botol semprotan, 15 tetes minyak peppermint, dua siung bawang putih yang telag dhaluskan, dua gelas air sabun hangat, dan sarung tangan. 

Setelah itu, kenakan sarung tangan dan campur semua bahan dalam botol semprot. Kemudian,  semprotkan area lalu lintas, sudut ruangan, dan titik masuk.

Jika kecoak terus mengunjungi Anda, tambah jumlah tetes minyak esensial. Oleskan kembali semprotan secara berkala saat aromanya memudar. Gunakan tempat Anda menyimpan makanan untuk penjaga kecoak yang aman dan efektif. 

Baca juga: 7 Penyebab Kecoak Muncul di Rumah dan Cara Membasminya 

Gunakan baking soda

Baking soda adalah bahan abrasif yang efektif digunakan membersihkan noda minyak yang membandel.Unsplash/Howtogym Baking soda adalah bahan abrasif yang efektif digunakan membersihkan noda minyak yang membandel.
Baking soda menjadi berbuih dan melepaskan karbon dioksida saat bersentuhan dengan cairan. Saat kecoak menelan umpan baking soda, kecoak melepaskan karbon dioksida dan membunuh kecoak.

Untuk membuatnya, campurkan dua sendok makan baking soda, dua sendok makan gula pasir di dalam wadah kecil, dan tempatkan di sekitar rumah dan titik masuk.

Jaga agar campuran ini tetap kering agar baking soda mempertahankan karbon dioksidanya. Ganti umpan jika basah. 

Baca juga: Ini 7 Tempat Kecoak Bersembunyi di Rumah

Gunakan petroleum jelly

Racun dan agen dehidrasi bukan satu-satunya senjata melawan kecoak. Anda dapat membuat perangkap kecoak yang fantastis dengan menggunakan petroleum jelly dan sedikit gula.

Petroleum jelly menangkap serangga dan tidak melepaskannya. Ini adalah cara efektif dan aman untuk menangani masalah kecoak di rumah.

Oleskan petroleum jelly pada karton serta pastikan untuk meninggalkan lapisan jeli yang tebal. Tempatkan satu sendok teh gula di tengah petroleum jelly yang diolesi.

Tinggalkan kardus pada area lalu lintas tinggi. Periksa karton secara berkala dan bersihkan semua kecoak mati atau serangga lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com