Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/10/2021, 15:06 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecoak menjadi hama yang paling mengganggu ketika mereka ada di dalam rumah. Tak hanya memberikan kesan kotor, namun mereka juga dapat menjadi penyebab masalah kesehatan.

Hama ini memiliki kemampuan untuk melompat, terbang, dan bersembunyi di beberapa tempat di dalam rumah, yang menyebabkan mereka sulit untuk dihilangkan.

Melansir dari How Stuff Works, Jumat (1/10/2021), kecoak diketahui berkeliaran dan bersembunyi di ruang bawah tanah yang lembap dan di beberapa tempat di dalam rumah sebagai berikut ini.

Baca juga: Perhatikan, 3 Cara Mencegah Kecoak Datang ke Rumah

1. Pipa

Area di mana pipa masuk ke rumah, melalui dinding, lantai, dan bagian belakang lemari, seringkali idealnya lembap dan terus-menerus melepaskan sedikit kondensasi hangat, sehingga kecoak masuk ke dalam.

Pipa terbuka di dinding juga menyediakan tempat persembunyian yang baik, seperti halnya area di sekitar mesin cuci dan pengering.

2. Karton dan kertas

Beberapa jenis kecoak menganggap kertas sebagai makanan yang lezat atau, sebaliknya, tempat yang mereka sukai untuk meninggalkan kotoran.

Lem amplop dan hampir semua jenis kertas menarik kecoak karena bau dan teksturnya, dan tumpukan kardus atau kotak makanan dan minuman adalah tempat yang hampir ideal untuk bersembunyi, makan, dan meninggalkan kotoran atau bakteri.

Baca juga: Simak, Cara Membasmi Kecoak di Rumah dengan Deterjen dan Gula

Kecoak tidak hanya berguling-guling dan menikmati produk kertas dan karton, mereka juga menghancurkannya dengan minyak dan asam yang memecah serat dan meninggalkan bau yang sangat tidak sedap.

Menyimpan tumpukan kertas di lemari yang tertutup rapat dan menyortir daripada menumpuk surat dalam tumpukan dapat membantu. Atau buang karton di luar, tetapi tidak terlalu dekat, bisa menghilangkan kecoak.

Membersihkan tempat sampah daur ulang dengan bubuk asam borat juga bisa dilakukan untuk mengusir kecoak.

3. Peralatan

Kecoak menghabiskan waktu di peralatan baik siang maupun malam. Kompor dan kulkas memiliki sudut dan celah dan dalam yang bisa memiliki suhu yang hangat, menjadikan tempat kecoak bersembunyi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com