Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Langkah Membersihkan Headboard Tempat Tidur Berbahan Kain

Kompas.com - 01/07/2022, 16:01 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com – Bagi sebagian orang, tempat tidur yang memiliki headboard atau kepala tempat tidur dapat memberi rasa aman lantaran kepala terasa terlindungi.

Selain itu, headboard bisa menjadi sandaran kepala ketika duduk, bersantai, atau membaca buku di kasur

Baca juga: Feng Shui Sarankan Penggunaan Headboard Tempat Tidur, Mengapa?

Ada berbagai material yang digunakan untuk headboard, salah satunya kain. Kebersihan headboard ini juga penting diperhatikan.

Membersihkan headboard kain cukup sulit, tetapi tidak memakan banyak waktu. Dikutip dari Hunker, Jumat (1/7/2022), berikut langkah membersihkan headboard tempat tidur berbahan kain. 

Pembersihan rutin

Ilustrasi kamar tidur modern chic. Shutterstock/2M media Ilustrasi kamar tidur modern chic.
Jika ingin lebih menghemat waktu saat membersihkan headboard berlapis kain, tentunya kamu harus membersihkannya secara rutin menggunakan penyedot debu.

Sedot semua debu yang menempela pada permukaan headboard secara hati-hati guna menjaga kain pelapis tidak rusak. Pilih pengaturan rendah pada penyedot debu. 

Baca juga: Panduan Memilih Headboard Kasur yang Sesuai Kebutuhan

Segera bersihkan noda

Headboard kain lebih rentan memiliki noda daripada material lainnya seperti kulit. Ada banyak jenis kain yang digunakan untuk melapisi headboard, dari kulit, wol, linen, hingga beludru.

Sebelum mulai membersihkan noda, sebaiknya segera serap cairan atau kotoran yang menodai kain headboard menggunakan tisu dapur atau handuk bersih.

Untuk noda minyak, oleskan bedak bayi atau baking soda pada area yang terdapat noda dan diamkan selama sekitar satu jam.

Baca juga: Tips Memilih Headboard yang Tepat untuk Tempat Tidur

Setelah itu, bersihkan noda menggunakan penyedot debu, oleskan campuran sedikit detergen dan air, diamkan hingga mengering, bersihkan kembali dengan penyedot debu. 

Sementara itu, untuk noda yang sudah lama dan mengering, cobalah menggunakan produk penghilang noda khusus material kain.

Uji produk terlebih dulu pada area yang tidak terlihat untuk memastikan tidak mengubah warna kain. Jika aman, oleskan sedikit produk ke area noda dan diamkan selama satu jam.

Baca juga: Dilarang Menempatkan Cermin di Depan Tempat Tidur, Mengapa?

Keringkan dan segarkan kembali headboard

Setelah selesai membersihkan, keringkan headboard menggunakan pengering rambut untuk memastikan kain pelapis headboard tidak memiliki cairan ekstra.

Untuk menyegarkan headboard, taburkan baking soda sembari menepuk-nepuknya dengan halus, lalu diamkan selama beberapa jam sebelum dibersihkan dengan penyedot debu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com