Kompas.com - 01/07/2022, 16:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Bagi sebagian orang, tempat tidur yang memiliki headboard atau kepala tempat tidur dapat memberi rasa aman lantaran kepala terasa terlindungi.

Selain itu, headboard bisa menjadi sandaran kepala ketika duduk, bersantai, atau membaca buku di kasur

Baca juga: Feng Shui Sarankan Penggunaan Headboard Tempat Tidur, Mengapa?

Ada berbagai material yang digunakan untuk headboard, salah satunya kain. Kebersihan headboard ini juga penting diperhatikan.

Membersihkan headboard kain cukup sulit, tetapi tidak memakan banyak waktu. Dikutip dari Hunker, Jumat (1/7/2022), berikut langkah membersihkan headboard tempat tidur berbahan kain. 

Pembersihan rutin

Ilustrasi kamar tidur modern chic. Shutterstock/2M media Ilustrasi kamar tidur modern chic.
Jika ingin lebih menghemat waktu saat membersihkan headboard berlapis kain, tentunya kamu harus membersihkannya secara rutin menggunakan penyedot debu.

Sedot semua debu yang menempela pada permukaan headboard secara hati-hati guna menjaga kain pelapis tidak rusak. Pilih pengaturan rendah pada penyedot debu. 

Baca juga: Panduan Memilih Headboard Kasur yang Sesuai Kebutuhan

Segera bersihkan noda

Headboard kain lebih rentan memiliki noda daripada material lainnya seperti kulit. Ada banyak jenis kain yang digunakan untuk melapisi headboard, dari kulit, wol, linen, hingga beludru.

Sebelum mulai membersihkan noda, sebaiknya segera serap cairan atau kotoran yang menodai kain headboard menggunakan tisu dapur atau handuk bersih.

Untuk noda minyak, oleskan bedak bayi atau baking soda pada area yang terdapat noda dan diamkan selama sekitar satu jam.

Baca juga: Tips Memilih Headboard yang Tepat untuk Tempat Tidur

Setelah itu, bersihkan noda menggunakan penyedot debu, oleskan campuran sedikit detergen dan air, diamkan hingga mengering, bersihkan kembali dengan penyedot debu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Hunker
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.