Kompas.com - 27/06/2022, 14:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Masa dewasa bisa menjadi fase mengasyikkan dengan banyak pencapaian yang harus dicapai, salah satunya membeli rumah pertama.

Namun, tahap ini juga bisa menjadi hal melelahkan dan mengkhawatirkan karena belum  memiliki pengalaman apa pun dengan pindah rumah, ditambah ada banyak langkah dalam prosesnya. 

Baca juga: 6 Hal yang Harus Disiapkan Saat Pindah Rumah Bersama Hewan Peliharaan

Di mana pun lokasinya, ada beberapa faktor penting yang harus diperiksa atau diperhatikan terlebih dahulu sebelum pindah rumah. 

Sebab, faktor-faktor ini dapat mempengaruhi keamanan dan kenyamanan Anda, jadi harus mengatur dan merencanakan kepindahan dengan baik.

Dilansir dari My Decorative, Senin (27/6/2022), berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum pindah ke rumah baru

Baca juga: 5 Kesalahan Mengemas Barang yang Sering Dilakukan Saat Pindah Rumah

Ubah semua kunci pintu 

Ilustrasi kunci pintu rumahShutterstock/Wittybear Ilustrasi kunci pintu rumah
Apabila berpikir bahwa jumlah uang yang dibayarkan untuk rumah masa depan sudah cukup, hal tersebut sala.

Pasalnya, Anda masih harus memikirkan biaya perbaikan rumah lainnya dan memasukkannya ke anggaran, termasuk mengubah semua kunci yang pada berbagai ruangan di rumah.

Langkah ini memastikan keamanan rumah, terlebih bila membeli rumah bekas. Apabila masih menggunakan kunci lama, Anda tidak tahu siapa yang telah memiliki duplikat kunci tersebut.  

Baca juga: 4 Cara Mengubah Taman Belakang Rumah Menjadi Tempat Relaksasi

Utilitas dan layanan transfer 

Jika pindah rumah ke daerah terdekat dan perusahaan listrik atau Internet Anda menyediakan layanan di sana, disarankan meminta transfer daripada membuat akun baru.

Hubungi pemasok air, Internet, listrik, dan gas sebelum pindah ke rumah baru. Tentukan tanggal pemutusan dan detail untuk rumah atau apartemen Anda saat ini serta konfirmasikan kapan Anda membutuhkan utilitas dan layanan ini untuk tersedia di rumah baru.  

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.