Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Membuat Rumah Baru Terasa Nyaman dan Betah Ditinggali

Kompas.com - 08/05/2022, 07:17 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pindah rumah ke kota baru bisa menjadi hal menakutkan. Belum lagi, harus menyesuaikan diri dengan kota baru bisa cukup sulit untuk beberapa orang.

Karena itu, memastikan memastikan rumah baru terasa nyaman seperti rumah lama dan kondisi kota baru aman sangat penting untuk melewati transisi dengan baik. 

Baca juga: Feng Shui: 4 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Renovasi Rumah

Namun, sebelum memulainya, jangan lupa melakukan riset dan persiapan sehingga masa transisi berjalan mulus untuk semua anggota keluarga. 

Nah, dilansir dari My Decorative, Minggu (8/5/2022), berikut cara membuat rumah baru terasa nyaman dan betah ditinggali. 

Lakukan pembersihan yang baik dan mengatur barang 

Ilustrasi beragam produk pembersih rumah, membersihkan rumah. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi beragam produk pembersih rumah, membersihkan rumah.
Langkah pertama menghadirkan rasa nyaman di rumah baru adalah membersihkannya secara teratur. Perhatikan semua sudut dan celah. Pastikan membersihkan area dalam rumah dan luar ruangan dengan baik.

Setelah itu, mulai mengatur rumah. Singkirkan barang-barang yang tidak diperlukan lagi atau dibawa saat pindah karena bisa menyebabkan rumah berantakan dan mengalami kekacauan. 

Baca juga: Feng Shui: Tips Tata Letak Furnitur di Rumah untuk Keberuntungan

Miliki hewan peliharaan

Bagi Anda yang akan tinggal sendirian saat pindah nanti, cobalah mempertimbangkan memiliki hewan peliharaan  untuk membeli kegembiraan di rumah.

Anda bisa memeliharanya dengan mengadopsi anjing serta kucing. Jangan lupa memperhatikan kebutuhan sahabat bulu.

Gantung foto favorit dan seni dinding

Ambil foto keluarga, kerabatan atau teman, lalu gantung pada dinding untuk membantu Anda merasa lebih betah di rumah baru.

Namun, jangan menampilkan terlalu banyak karena bisa membuat rumah tampak berantakan atau tidak beraturan. Selain foto, Anda bisa menggantung seni dinding pada tembok di rumah. 

Baca juga: Keramik atau Granit, Mana yang Lebih Baik untuk Lantai Rumah?

Tingkatkan lansekap 

Ilustrasi tamanUnsplash/ÇA?IN KARGI Ilustrasi taman
Jangan lupa memperhatikan kondisi lansekap di rumah baru Anda. Tingkatkan apa pun yang perlu ditangani serta pastikan memaksimalkan ruang tamu luar ruangan bila memilikinya. 

Selain itu, tambahkan pohon atau tanaman apa pun yang akan membantu menaungi rumah. Dengan begitu, rumah tak hanya lebih cantik, tapi juga bisa menurunkan tagihan listrik

Pertimbangkan menambahkan tanaman semusim dan tanaman keras ke rumah Anda. Pastikan merawat tanaman-tanaman tersebut dengan baik.

Baca juga: Feng Shui: 6 Aturan Meletakkan Cermin di Rumah untuk Keberuntungan

Manfaatkan produk hemat energi

Jika ingin membangun rumah senyaman mungkin dan menghemat uang, gunakan produk hemat energi. 

Misalnya, termometer rumah modern dapat membantu mendapatkan hasil maksimal dari sistem pendingin atau AC Anda serta membuat tagihan energi lebih rendah. Bisa pula menggunakan lampu LED hemat energi untuk pencahayaan di rumah. 

Baca juga: 6 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Rumah Kecil

Temui tetangga baru 

Cara terbaik mengatasi perasaan terisolasi adalag bertemu orang baru. Perkenalkan diri Anda kepada tetangga baru sesegera mungkin, bahkan bila perlu mengadakan pertemuan. 

Dengan saling mengenal, tetangga tak sungkan untuk menolong ketika Anda mengalami keadaan darurat atau membutuhkan bantuan segera. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com