Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Kasur yang Berjamur agar Tak Jadi Sumber Penyakit

Kompas.com - 20/06/2022, 07:47 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi kasur berjamur memang meresahkan dan harus segera ditangani. Sebab, ini bisa menjadi tanda masalah yang jauh lebih parah pada bagian dalam kasur.

Dilansir The Spruce, Senin (20/6/2022), jamur akan muncul di kasur jika kondisi di dalam dan di sekitar kasur terlalu hangat dan lembap. Jika jamur di kasur ditemukan dengan cepat dan ditangani dengan baik, maka koloni kecil jamur dapat dihilangkan dengan aman.

Akan tetapi, jamur harus diidentifikasi dulu sebelum Anda membersihkan kasur yang berjamur. Jamur yang lazim ditemukan di rumah dapat diklasifikasikan ke dalam tiga kategori, yakni alergen, patogen, dan jamur beracun.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jamur dari Permukaan Bahan Kulit

Ilustrasi kasurSHUTTERSTOCK Ilustrasi kasur

Jamur alergen mungkin memerlukan penanganan oleh profesional, tetapi sebagian besar jamur alergen dapat dihilangkan dengan produk disinfektan rumah.

Adapun jamur patogen dapat dikendalikan dengan disinfektan, tetapi koloni besar membutuhkan penanganan oleh profesional.

Jamur beracun adalah yang paling berbahaya dan membutuhkan seorang profesional untuk membunuh jamur dan membuang bahan yang terkena.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), jamur dapat menyebabkan banyak gangguan kesehatan. Bagi sebagian orang, jamur dapat menyebabkan hidung tersumbat, sakit tenggorokan, batuk atau mengi, mata terbakar, atau ruam kulit.

Baca juga: Bahaya Jamur Aspergillus dan Cara Membasminya dari Rumah

Orang penderita asma atau yang alergi terhadap jamur mungkin memiliki reaksi yang parah. Orang dengan gangguan kekebalan dan orang dengan penyakit paru-paru kronis mungkin mengalami infeksi di paru-paru akibat jamur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com