Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Jamur dari Permukaan Bahan Kulit

Kompas.com - 16/06/2022, 08:59 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda memiliki tas kulit, jaket kulit, sofa kulit, atau barang lainnya yang berbahan kulit, Anda perlu memperhatikan apakah ada jamur yang melapisinya. Pertumbuhan jamur bisa merusak permukaan bahan kulit.

Dilansir Lifehacker Australia, Kamis (16/6/2022), pada dasarnya, jamur akan tumbuh di mana saja pada permukaan yang lembap tanpa ventilasi yang baik atau sinar matahari. Untuk berkembang biak, jamur menciptakan partikel kecil yang disebut spora.

Karena spora ini sangat kecil dan melayang di udara, mereka dapat dengan cepat menemukan jalannya ke permukaan mana pun yang kondisinya memungkinkan untuk tumbuh, termasuk pada barang-barang kulit Anda.

Baca juga: Bahaya Jamur Aspergillus dan Cara Membasminya dari Rumah

Ilustrasi sofa kulitSHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Ilustrasi sofa kulit

Spora kemudian memakan bahan yang ada di kulit dan memulai pertumbuhannya yang cepat.

Segera bersihkan jamur pada permukaan bahan kulit

Anda harus membersihkan jamur segera setelah Anda melihatnya tumbuh. Sebab, jamur bisa berdampak pada berbagai gangguan kesehatan.

Menurut Health NSW, efek kesehatan dari paparan jamur antara lain hidung berair atau tersumbat, iritasi pada mata dan kulit, mengi, serangan asma, hingga infeksi jamur di paru-paru (dalam kasus yang serius dan jarang terjadi).

Penting untuk dicatat bahwa jika Anda bersentuhan dengan jamur, kecil kemungkinan akan mengalami masalah kesehatan. Namun, memang berpotensi merusak barang-barang Anda, termasuk barang-barang kulit kesayangan.

Baca juga: Perhatikan, Ini Ciri-ciri Jamur Beracun

Cara menghilangkan jamur pada permukaan bahan kulit

Tim di Fantastic Cleaners menyusun panduan langkah demi langkah tentang cara membersihkan jamur dari kulit. Penting bagi Anda untuk melakukan pembersihan di luar ruangan jika memungkinkan.

Sebab, jika tidak, spora akan terlepas di rumah Anda dan berpindah ke benda lain. Jika Anda tidak dapat membawa barang kulit misalnya sofa kulit ke luar, maka pastikan Anda telah membuka semua jendela.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com