Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/05/2022, 16:58 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Kucing yang sering mengeong sampai berlebihan memang bisa membuat pemilik stres.

Tapi, sebenarnya kucing mengeong juga sebagai bentuk mereka mengekspresikan diri dan berkomunikasi.

Selain itu, ada beberapa ras kucing yang suka berbicara seperti trah siam. Oleh karena itu, kamu lebih baik mencari tahu alasan mereka jadi lebih sering mengeong sebelum mengambil tindakan.

Melansir dari Pets by WebMD, Minggu (15/5/2022) berikut beberapa alasan kucing mengeong berlebihan dan cara terbaik untuk mengatasinya.

Baca juga: Apakah Kucing Bermimpi saat Tidur?

Alasan kucing mengeong berlebihan

Kucing mengeong untuk mendapatkan perhatian manusia. Kucing rumahan tidak mengaum.Unsplash/Ariana Suarez Kucing mengeong untuk mendapatkan perhatian manusia. Kucing rumahan tidak mengaum.

Ada banyak alasan kenapa kucing sering mengeong. Dari yang masalah serius sampai alasan yang sepele. Di bawah ini delapan alasan kucing sering mengeong yang perlu kamu tahu.

Penyakit

Kucing yang sakit akan sering mengeong karena beberapa penyakit bisa membuat mereka merasa lapar, haus, bahkan kesakitan.

Apalagi bila kucing terkena penyakit tiroid atau ginjal, mereka akan sangat kesakitan dan mengeong secara berlebihan.

Baca juga: Agar Tak Berkelahi, Ini 5 Tips Memperkenalkan Kucing Lama dan Baru

Mencari perhatian

Kucing tidak suka sendiri, mereka mengeong berusaha untuk menarik perhatianmu. Mereka mengeong karena ingin dibelai dan diajak bermain.

Kelaparan

Bila kucing mengeong saat kamu atau anggota keluarga lain ada di dapur, itu berarti mereka sedang kelaparan.

Namun, sebaiknya kamu tak memberikan mereka makan saat masih mengeong agar tak menjadi sebuah kebiasaan.

Baca juga: 7 Tips agar Kucing Dewasa Menerima Kehadiran Anak Kucing di Rumah

Memberikan salam

Ada banyak kucing yang sering mengeong ketika ada tamu datang atau mau pulang. Ini berarti mereka memberikan salam untuk para tamu. Bila mereka mengeong saat seperti ini akan sulit untukmu membuatnya diam.

Kesepian

Kucing tak suka sendirian, jadi bila kamu meninggalkannya terlalu lama sendiri di rumah mereka tentunya akan kesepian dan terus mengeong.

Sebaiknya kamu menyiapkan permainan mencari makanan agar ia tak bosan dan kesepian ketika kamu meninggalkannya sendirian untuk bekerja.

Baca juga: 6 Penyebab Kucing Terus Mengeong meski Sudah Diberi Makan

Kucing sedang stres

Kucing yang stres akan lebih sering mengeong. Apalagi bila ia baru saja pindah ke lingkungan baru.

Hal tersebut tentu membuat kucing tak nyaman karena mereka sangat sensitif terhadap lingkungannya sehingga membuat stres.

Kucing menua

Kucing sama layaknya manusia yang bisa terkena penyakit psikis dan kognitif seiring bertambahnya usia. Sehingga ketika mereka merasa bingung, kucing akan mengeong secara berlebihan.

Baca juga: Berapa Lama Waktu Tidur Kucing yang Normal?

Kucing ingin berkembang biak

Kucing yang mendapat sterilisasi akan sering mengeong ketika siklus panas atau fase berkembang biak mereka datang.

Kucing betina akan mengeong saat fase tersebut. Sementara kucing jantan akan mengeong ketika mencium bau betina yang tengah mengalami siklus panas.

Baca juga: 7 Cara Membuat Kucing Peliharaan Tetap Nyaman Saat Cuaca Panas

Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Jangan pernah mengabaikan kucing yang mengeong secara berlebihan. Sebab, terkadang kucing yang terus mengeong adalah tanda mereka tidak baik-baik saja. Seperti sakit atau tengah terjebak di situasi yang sulit. Jadi, kamu harus melihat dan memastikannya baik-baik saja sebelum mengabaikan suaranya.
  2. Jangan menghukum kucing dengan berteriak atau memukul mereka ketika mengeong berlebihan. Selain tak akan membuat mereka berhasil diam untuk waktu yang lama. Kucing peliharaanmu jadi tak menyukaimu.
  3. Bila kamu sering memberikan belaian atau makanan ketika mereka mengeong, sebaiknya kamu mulai menghentikannya. Beri mereka makan setelah kucing tenang dan berhenti mengeong agar tak menjadi sebuah kebiasaan. Hentikan juga membelai kucing bila mereka mengeong, lakukan belaian jika mereka sudah berhenti mengeong.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com