Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Kesalahan Mendesain Kamar Tidur yang Harus Dihindari

Kompas.com - 07/04/2022, 12:03 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Bobvila

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar tidur tidak hanya sekadar menjadi tempat tidur, tetapi juga tempat perlindungan batin yang paling mencerminkan kepribadian Anda. 

Kamar tidur dapat membangkitkan kreativitas, semangat, dan energi melalui kurasi cat, pencahayaan, furnitur, serta karya seni.  

Baca juga: 4 Tips Memilih Cat Dinding untuk Kamar Tidur Sempit agar Terlihat Luas

Namun, desain atau gaya kamar tidur dapat dengan mudah digagalkan oleh pengaturan furnitur yang salah, warna cat yang buruk, dan hiasan mencolok.

Kesemua hal ini mengubah tampilan kamar tidur yang nyaman serta menarik terlihat mencolok, bahkan mengganggu kualitas tidur. 

Untuk memastikan bahwa Anda tidak menyabotase selera gaya sendiri, berikut enam kesalahan mendesain kamar tidur yang harus dihindari dilansir dari Bobvila, Kamis (7/4/2022).  

Baca juga: 5 Warna Cat Kamar Tidur yang Menenangkan, Bikin Tidur Nyenyak 

Penataan tidak sempurna 

Ilustrasi kamar tidur. Unsplash/Point3D Commercial Imaging Ltd. Ilustrasi kamar tidur.
Kamar tidur dapat berfungsi sebagai perpanjangan dari Anda. Untuk mengubah tampilan yang buruk menjadi mimpi, ganti bantal yang ditata sempurna, lemari yang tidak nyaman, dan dekorasi yang murni ornamen dengan bantal grafis, sofa mewah, serta artefak pribadi yang bermakna.

Rencana yang tidak sehat 

Saat menata kamar tidur, Anda tidak hanya mengingat efisiensi ruang, tetapi juga akustik atau suara.

Menempatkan tempat tidur pada dinding yang memisahkan kamar tidur dari ruang hiburan atau menempatkan meja belajar di dekat pintu ke lorong lalu lintas tinggi dapat mendoroang kebisingan yang bisa mengganggu Anda tidur. 

Sebelum mendukung rencana desain dan furnitur ke dinding, menilai lokasi utama mereka untuk menghindari akustik yang tidak diinginkan.  

Baca juga: 5 Cara Membuat Kamar Tidur Terasa Lebih Sejuk Saat Cuaca Panas 

Ukuran kasur yang salah 

Kasur king yang ditempatkan di kamar tidur berukuran kecil tidak hanya mengurangi ruang berjalan, tetapi juga menjadi titik fokus yang berlebihan atau tidak tepat.

Pilih tempat tidur atau kasur yang sesuai dengan ukuran kamar tidur. Hiasi tempat tidur yang lebih kecil dengan rok dan bantal tempat tidur yang nyaman untuk menambah kenyamanan tanpa menempati luas persegi yang berharga. 

Dekorasi berlebihan 

Ilustrasi kamar tidur bergaya Scandinavia modern, ilustrasi tirai di kamar tidurShutterstock/Svet_Feo Ilustrasi kamar tidur bergaya Scandinavia modern, ilustrasi tirai di kamar tidur
Sangat penting memasukkan kepribadian Anda ke kamar tidur melalui buku, foto, seni dinding, keramik, dan suvenir dari perjalanan masa lalu.

Namun, mengisi kamar tidur dengan dekorasi secara berlebihan tidak hanya mengacaukan ruangan, tetapi juga ruang kepala Anda.

Pilih dekorasi dari aksen pribadi Anda yang paling berharga untuk kamar tidur yang luas serta bergaya. 

Baca juga: 5 Tips Memasang AC di Kamar Tidur agar Berfungsi Maksimal 

Salah memilih pembatas ruangan 

Denah kamar tidur tanpa dinding atau menggunakan dinding kaca transparan telah menjadi populer di rumah bergaya Coastal modern meskipun mereka secara tidak sengaja mengubah kamar tidur menjadi spa umum.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com