Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Kesalahan Penggunaan Freezer yang Harus Dihindari, Apa Saja?

Kompas.com - 06/04/2022, 14:19 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Freezer yang bekerja dengan baik dan optimal sangat penting untuk penyimpanan makanan agar awet. Oleh sebab itu, penting untuk memastikan Anda menggunakan freezer dengan benar.

Namun demikian, banyak pengguna tidak menyadari sejumlah kebiasaan yang membuat freezer bekerja terlalu keras dan akhirnya rusak.

Dikutip dari Hunker, Rabu (6/4/2022), berikut beberapa kesalahan penggunaan freezer yang harus dihindari.

Baca juga: 6 Pilihan Wadah Makanan yang Dapat Digunakan di Freezer

Ilustrasi freezer, menyimpan makanan di freezer.SHUTTERSTOCK/GRAHAM HUGHES Ilustrasi freezer, menyimpan makanan di freezer.

1. Menyetel suhu freezer terlalu tinggi

Jika Anda belum terbiasa dengan suhu freezer yang memadai, maka sekaranglah saatnya untuk mengetahui suhu freezer yang ideal.

Menurut Food & Drug Administration (FDA), suhu freezer Anda harus disetel pada minus 18 derajat celcius untuk mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya seperti Salmonella dan E. coli. Anda dapat membeli termometer yang khusus digunakan untuk memantau suhu freezer.

2. Ventilasi udara terhalang

Ventilasi udara freezer mengatur aliran udara di freezer dan lemari es atau kulkas. Itu sebabnya menghalanginya dengan bahan makanan dapat menyebabkan masalah penumpukan kelembapan yang serius pada freezer.

Untuk memastikan freezer mempertahankan suhu yang tepat, cari ventilasinya, biasanya di bagian belakang atas freezer, dan periksa kembali apakah tidak ada bahan atau kemasan makanan yang menghalangi.

Baca juga: Ragam Penyebab Penumpukan Bunga Es pada Freezer dan Cara Mencegahnya

3. Mengisi freezer secara berlebihan

Freezer yang terlalu penuh dapat menghalangi ventilasi udara, membatasi sirkulasi udara dingin, dan membuat kondensor bekerja terlalu keras.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com