Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghemat Listrik Saat Menggunakan TV di Rumah

Kompas.com - 06/04/2022, 10:17 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comTelevisi menjadi salah satu sumber hiburan ketika sedang berada di rumah. Kamu dapat menikmati beragam tayangan sembari melakukan hal lain.

Mulai dari bersantai di sofa, mengerjakan tugas sekolah di meja kopi, hingga memotong bawang di ruang tamu pun dapat disambi dengan menonton televisi bagi para ibu rumah tangga.

Baca juga: 4 Cara Mendekorasi Dinding Belakang Televisi agar Tampak Menarik

Saat ini, banyak produsen televisi menawarkan pilihan televisi dengan kapasitas watt yang beragam. Meski begitu, kapasitas watt paling rendahnya pun mungkin tetap lebih besar dibandingkan perangkat elektronik lainnya.

Ilustrasi ruang tamu, ilustrasi ruang keluarga, ilustrasi televisi, ilustrasi tv, ilustrasi perapian.SHUTTERSTOCK / Breadmaker Ilustrasi ruang tamu, ilustrasi ruang keluarga, ilustrasi televisi, ilustrasi tv, ilustrasi perapian.

Untuk itu, tidak jarang orang-orang mengurungkan diri untuk sering menonton televisi guna menghemat listrik.

Dikutip dari The Earth Awards, Rabu (6/4/2022), ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat listrik tanpa mengurangi asupan hiburan dari televisi. Apa saja?

1. Beli TV LED

Ketika membeli televisi, kebanyakan orang mempertimbangkan spesifikasi dan kemudahan yang ditawarkan.

Jika memiliki bujet lebih, belilah televisi LED. Sebagian besar dari televisi LED saat ini lebih hemat energi, terlepas dari ukurannya.

Baca juga: Mana Lebih Baik Meletakkan Televisi pada Dinding atau Bufet?

Jika tidak memungkinkan, kamu tetap bisa membeli televisi biasa. Namun, periksa label panduan energi untuk mengetahui seberapa banyak listrik yang dibutuhkan.

2. Matikan TV

Cara paling gampang dan murah untuk dilakukan adalah mematikan televisi, jangan diubah ke pengaturan daya rendah. Sebab, pengaturan tersebut tetap menyerap tenaga listrik yang dapat memengaruhi tagihan listrik. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com