Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/04/2022, 08:56 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Menemukan pembersih lantai yang tepat akan membantu Anda mengembalikan hasil akhir yang halus dan mengkilat pada lantai ubin dapur Anda.

Pembersih alkali biasanya paling baik untuk mengangkat kotoran yang lengket dan berminyak. Tetapi terlepas dari pembersih yang Anda pilih, sangat penting untuk membilasnya dengan air bersih agar pembersih tidak meninggalkan residu lengket saat mengering.

Dilansir dari Hunker, Rabu (6/4/2022), jika seluruh permukaan lantai dapur terasa lengket di bawah kaki bahkan ketika baru saja dipel, kemungkinan penyebabnya adalah larutan pembersih itu sendiri.

Baca juga: Cara Membersihkan Residu Buih Sabun di Ubin Keramik Kamar Mandi

Ilustrasi dapur, lantai dapur.SHUTTERSTOCK/BEYOND TIME Ilustrasi dapur, lantai dapur.

Beberapa pembersih meninggalkan residu lengket saat mengering, menghasilkan lantai yang terasa tidak nyaman untuk diinjak dan menarik lebih banyak kotoran daripada sebelumnya.

Anda memerlukan pembersih yang lebih kuat untuk mengangkat campuran kotoran berminyak dan lengket ini, tetapi siklus ini akan terus berlanjut jika Anda tidak mengubah teknik pembersihan juga.

Lantai dapur yang lengket dapat terjadi jika terlalu banyak pembersih yang digunakan, jadi pastikan untuk membaca label dan campur jumlah pembersih yang sesuai ke dalam jumlah air hangat yang ditentukan.

Ganti air pel sesering mungkin agar tidak menyebarkan air kotor ke lantai, yang akan memberikan hasil akhir yang tidak berkilau dan lengket.

Baca juga: Cara Membersihkan Minyak pada Nat Ubin Lantai Dapur

Membersihkan lengket pada ubin lantai dapur

Menumpahkan minuman manis yang menetes ke lantai keramik dapur dapat menimbulkan noda lengket meskipun Anda berusaha keras untuk segera menyekanya.

Meskipun mengatasi kekacauan segera adalah ide yang cerdas, pastikan Anda menggunakan pembersih yang tepat untuk pekerjaan itu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com