Kompas.com - 07/09/2021, 14:50 WIB
Ilustrasi TV di rumah. UNSPLASH/WANG JOHNIlustrasi TV di rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang keluarga memiliki sumber daya berbeda yang membantu menciptakan lingkungan harmonis dan santai.

Lingkungan harmonis dan santai ini juga dipengaruhi peralatan elektronik yang ada di ruangan tersebut, salah satunya televisi

Baca juga: 7 Ide Pencahayaan Ruang Keluarga yang Sempurna dan Cerah

Melansir dari Decor Tips, Selasa (7/9/2021), televisi di ruang keluarga berkontribusi secara estetis pada dekorasi rumah dengan menjalin hubungan bersama elemen lainnya, termasuk furnitur tempat televisi diletakkan. 

Lantas, sebaiknya televisi diletakkan bersama unit pendukung seperti bufet dan meja atau pada dinding tanpa unit pendukung untuk menjadikan dekorasi ruangan lebih cantik? Simak penjelasannya berikut ini. 

Baca juga: Tips Menciptakan Ruang Keluarga yang Nyaman 

Rumus tradisional untuk meletakkan televisi 

Salah satu pilihan paling populer meletakkan televisi adalah menempatkannya pada dinding. Itu dapat digantung secara permanen dalam posisi statis atau pada braket fleksibel yang memungkinkan untuk bergerak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Biasanya, televisi layar plasma dipasang pada dinding seperti layar film. Namun, ada pun opsi lainnya, yakni menggunakan unit pendukung seperti meja, bufet, atau unit TV.

Baca juga: 5 Tips Cerdas Mendekorasi Area di Sekitar Televisi agar Tampak Menarik 

Anda hanya perlu memutuskan apaka ingin menggunakan sistem pendukung tradisional atau lebih suka opsi lain.

Manfaat meletakkan televisi dengan unit pendukung

Furnitur dan televisi akan menciptakan titik tarik dan keseimbangan dalam ruangan. Dengan kata lain, simbiosis antara dua elemen dikonsolidasikan untuk memberikan tampilan yang lebih jelas. Berikut kelebihan meletakkan televisi dengan unit pendukung; 

Baca juga: Cegah Kuman dan Bakteri, Begini Cara Membersihkan Remote TV

  • Umumnya, ketinggian unit pendukungtidak terlalu tinggi sehingga menempatkan televisi dengan cara ini dapat memberikan kenyamanan.
  • Unit pendukung untuk televisi dapat berkontribusi pada dekorasi ruangan, di samping menawarkan ruang penyimpanan yang praktis.
  • Unit pendukung menawarkan ruang yang rapi untuk majalah, koran, dan barang-barang lainnya di kompartemen berbeda.
  • Selain itu, ini membantu kita menyembunyikan kabel sambil menyisakan ruang untuk konsol game, router, atau pemutar DVD. 

Baca juga: Remote TV Rusak? Lakukan Cara Ini agar Bisa Kembali Berfungsi

Belakangan ini unit penunjang dengan desain minimalis sedang tren. Unit ini memamerkan karakter teknis dengan garis lurus mendominasi.

Dengan cara ini, dekorasi ruangan akan lebih menarik jika furnitur memiliki garis yang mirip dengan televisi.  

Baca juga: 7 Cara Merawat TV agar Tidak Mudah Rusak dan Tahan Lama 

Televisi tanpa unit pendukung

Apa yang dapat diberikan oleh televisi tanpa unit pendukung secara estetis? Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, televisi dapat ditempatkan pada dinding tanpa memerlukan ruang untuk furnitur.

Ketika meletakkan televisi tanpa unit pendukung, Anda akan mendapatkan ruang yang lebih besar karena tidak memerlukan furnitur untuk mendukung meletakkan televisi tersebut.

Rumus utamanya adalah penempatan ini dapat dipilih jika Anda hanya mementingkan fungsional televisi itu sendiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Decortips
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.