Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Menjaga Tampilan dan Kualitas TV Layar Datar Tetap Bagus

Kompas.com - 06/03/2022, 12:45 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comTelevisi (TV) berlayar datar atau TV flat ini tengah digandrungi sebagian besar masyarakat. Selain menghemat ruang, penampilannya pun lebih enak dipandang  dibanding televisi tabung.

TV layar datar juga memiliki desain lebih modern dan cocok diletakkan di ruang keluarga yang mengusung beragam gaya desain.

Baca juga: 4 Cara Mendekorasi Dinding Belakang Televisi agar Tampak Menarik 

Namun, TV layar datar memerlukan perawatan lebih untuk menjaga kualitas dan tampilannya serta lebih awet.

Dikutip dari Reader’s Digest, Minggu (6/3/2022), berikut beberapa tips menjaga tampilan dan kualitas TV layar datar tetap bagus.

Jangan menaruh TV di atas perapian

Ilustrasi ruang tamu, ilustrasi ruang keluarga, ilustrasi televisi, ilustrasi tv, ilustrasi perapian.SHUTTERSTOCK / Breadmaker Ilustrasi ruang tamu, ilustrasi ruang keluarga, ilustrasi televisi, ilustrasi tv, ilustrasi perapian.

Untuk rumah yang memiliki perapian, jangan pernah menaruh TV layar datar di atas dinding perapian karena bisa menghangatkan televisi dan memperpendek usia pemakaiannya. 

Ditambah lagi, jelaga atau butiran arang halus dari perapian dapat masuk ke televisi serta membuat kurang nyaman karena harus melihat ke atas untuk menonton TV. 

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Garis-garis di Layar TV

Bersihkan layar TV dengan bahan alami

Hindari membersihkan layar TV dengan bahan kimia keras karena bisa merusak layarnya. Hindari juga menyeka layar TV dengan tisu kertas atau kain berbahan abrasif lainnya jika tidak ingin layar penuh goresan.

Alternatifnya, seka layar televisi dengan lap kering dan bersih atau kemoceng. Jika harus dibersihkan, gunakan lap yang sudah lembap serta larutan air dan cuka dengan perbandingan sama.

Baca juga: 5 Cara Menyembunyikan Kabel Televisi Menurut Para Ahli

Hindari pemasangan yang asal 

Ilustrasi TV, smart TVUnsplash/Marques Kaspbrak Ilustrasi TV, smart TV

Salah satu keuntungan dari TV layar datar adalah dapat menghemat ruang lantai karena bisa digantung pada dinding.

Akan tetapi, hindari memasang TV secara asal. Pasanglah televisi dengan penuh perhatian, cermat terhadap detail, dan perhatikan seberapa baik struktur dinding.

Jika lebih senang menaruhnya di atas meja, pilihlah alat penahan TV yang kuat untuk mencegahnya rusak karena tersenggol atau meja dipanjat anak-anak sehingga membuat televisi jatuh.

Baca juga: 6 Tips Menggunakan Cermin saat Mendekorasi Ruang Keluarga

Rapikan kabel

Kabel yang berantakan dapat mengurangi pengalaman menonton televisi. Untuk itu, segera merapikan kabel TV. Namun, sebelum merapikannya, pastikan kabel TV sudah terhubung dengan benar.

Selanjutnya, atur semua kabel terlihat rapi dengan menyelipkannya ke dalam dudukan televisi atau diikat secara bersamaan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com