Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Essential Oil yang Dapat Membantu Meredakan Mual

Kompas.com - 28/03/2022, 07:45 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Healthline

JAKARTA, KOMPAS.com - Minyak esensial atau essential oil tidak hanya digunakan untuk mengharumkan ruangan. Akan tetapi, berbagai essential oil juga mampu membantu meredakan sejumlah penyakit dan gangguan kesehatan.

Dilansir Healthline, Senin (28/3/2022), essential oil adalah senyawa aktif yang ditemukan pada tanaman, disuling menjadi minyak. Minyak ini memanfaatkan sifat kuat dari beberapa tanaman herbal dan rempah-rempah botani.

Beberapa khasiat tersebut dapat bekerja untuk membunuh bakteri, mengendurkan otot, menghilangkan rasa sakit, memperbaiki pencernaan, dan menyembuhkan mual.

Baca juga: 7 Essential Oil yang Dapat Membantu Meredakan Batuk

Ilustrasi essential oil, minyak esensial. PIXABAY/DEVANATH Ilustrasi essential oil, minyak esensial.

Karena mereka membawa sedikit efek samping dan sedikit risiko, essential oil dapat menjadi pengobatan rumahan yang populer untuk semua jenis kondisi medis.

Essential oil tidak dimaksudkan untuk dicerna dan beberapa dapat menjadi racun. Sebaliknya, essential oil digunakan untuk diinfuskan ke udara dalam inhaler atau dicampur dengan minyak pembawa dan dioleskan ke kulit.

Jika Anda sering mengalami mual karena kehamilan, iritasi lambung, vertigo, refluks gastro-intestinal, atau kondisi umum lainnya, beberapa essential oil ini mungkin bisa meredakan mual.

1. Lavender

Essential oil lavender mungkin paling dikenal karena sifatnya yang menenangkan. Menggunakan minyak esensial lavender secara topikal atau dalam diffuser dapat membantu dekompresi pikiran saat Anda bersiap-siap untuk tidur.

Baca juga: 7 Cara Menggunakan Essential Oil untuk Feng Shui yang Baik di Rumah

Dampak yang sama ini juga dapat membuat lavender efektif dalam memerangi mual.

Jika mual disebabkan oleh kecemasan atau rasa sakit fisik, kekuatan lavender untuk bersantai mungkin adalah yang Anda cari.

Minyak ini bekerja paling baik ketika Anda memasukkan beberapa tetes ke dalam diffuser dan bernapas perlahan saat aroma memenuhi udara.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com