Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ini Cara Menghilangkan Jamur dari Furnitur Kayu

Kompas.com - 27/03/2022, 20:27 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Bob Vila

JAKARTA, KOMPAS.com – Kayu menjadi salah satu material furnitur yang paling dicari banyak orang, khususnya mereka yang mengusung gaya tradisional di rumahnya. 

Material kayu dikenal tahan lama, dapat menambahkan nuansa mewah dan klasik pada suatu ruangan, serta datang dalam berbagai gaya sehingga tampilan tidak selalu kuno.

Baca juga: Menggunakan Kayu untuk Dekorasi Kamar Mandi? Ini Cara Perawatannya

Meski begitu, furnitur kayu mudah mengalami jamur karena secara alami menyerap dan menahan air. Walhasil, kayu menjadi lingkungan yang ideal bagi jamur dan lumut untuk tumbuh.

Ilustrasi furnitur kayu.UNSPLASH/NATHAN OAKLEY Ilustrasi furnitur kayu.

Disadur dari Bobvila, Minggu (27/3/2022), ada cara membersihkan jamur dari furnitur kayu yang dapat diikuti seperti berikut ini. 

Baca juga: Simak, 6 Cara Mengatasi Rayap pada Furnitur Kayu

Cara membasmi jamur dari furnitur kayu

Untuk menghilangkan jamur dari furnitur kayu, siapkan perlengkapan pelindung seperti masker,  sarung tangan karet, penyedot debu dengan filter HEPA, sabun, air, dan ampelas. 

Langkah pertama, gunakan perlengkapan pelindung yang telah disiapkan. Ini penting dilakukan guna mencegah spora jamur masuk ke paru-paru.

Selanjutnya, gunakan penyedot debu dengan filter HEPA pada area furnitur kayu yang terkena jamur untuk menghilangkan spora jamur yang lepas.

Jika sudah, segera kosongkan kantung penyedot debu atau tabung ke dalam kantung plastik di luar rumah. Sebelum dibuang, pastikan kantung plastik sudah tertutup sangat rapat.

Baca juga: Tips Merawat Furnitur Kayu agar Selalu Tampak Baru

Jamur pada kayu yang dicat

Ilustrasi furnitur minimalis, rumah bergaya Skandinavia. SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Ilustrasi furnitur minimalis, rumah bergaya Skandinavia.

Untuk furnitur kayu yang dicat atau memiliki pola wood stain, jamur belum tumbuh hingga menembus bagian dalam kayu. 

Dengan demikian, kamu dapat menggunakan larutan pembersih ringan—seperti campuran sabun cuci piring dan air hangat—untuk membersihkannya.

Celupkan sikat berbulu halus ke dalam air sabun yang telah disiapkan, lalu usap area yang berjamur secara perlahan.

Baca juga: Benarkah Talenan Plastik Lebih Baik dari Talenan Kayu?

Jika hasilnya tidak memuaskan, campurkan cuka ke dalam botol semprot berisi air. Semprot area berjamur dengan campuran ini dan diamkan selama satu jam.

Setelah itu, seka furnitur kayu dengan handuk bersih dan lembap. Periksa furnitur untuk sisa jamur yang masih ada. Jika tidak ada, keringkan furnitur dengan mengelapnya kembali.

Baca juga: Ide Dekorasi Rumah dengan Elemen Kayu Menurut Feng Shui

Jamur yang sudah menembus bagian dalam kayu

Untuk jamur yang sudah menembus ke bagian dalam kayu, bersihkan menggunakan campuran satu bagian detergen, 10 bagian pemutih, dan 20 bagian air hangat.

Celupkan bagian kasar pada spons atau sikat berbulu kasar ke dalam campuran itu. Kemudian, gosok area furnitur kayu yang berjamur dan diamkan campuran hingga mengering dengan alami. 

Baca juga: Tips Memilih Furnitur untuk Kamar Tidur Anak

Apabila jamur masih belum hilang, ampelas furnitur kayu secara halus pada area yang berjamur hingga hilang. Setelah itu, lapisi kembali area tersebut dengan pelapis kayu.

Jika sudah tidak ada lagi tanda-tanda jamur pada furnitur kayu, buang atau bersihkan semua benda yang digunakan untuk membersihkan jamur saat membersihkan furnitur kayu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com