Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Warna Terbaik untuk Dapur Kecil yang Bisa Memperbesar Ruangan

Kompas.com - 13/03/2022, 09:47 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur kecil dan besar sama-sama bisa mendapatkan keuntungan dari penggunaan warna yang tepat.

Memilih warna terbaik untuk dapur kecil tidak selalu tentang mencoba membuatnya tampak lebih besar, tetapi Anda juga perlu memilih warna favorit. 

Baca juga: 7 Tips Menata Ruang Penyimpanan di Dapur Kecil agar Rapi dan Teratur

Dengan warna dan tips dekorasi yang tepat, Anda dapat memilih warna yang disukai tanpa mengorbankan tampilan ruang di dapur kecil. Warna menjadi cara termudah untuk membuat dampak besar pada ruangan, termasuk dapur kecil. 

Dilansir dari Love to Know, Minggu (13/3/2022), berikut enam warna terbaik untuk dapur kecil yang dapat memperbesar dan mempercantik ruangan. 

Baca juga: 6 Tips Feng Shui untuk Menyegarkan Area Dapur

Putih

Ilustrasi dapurUnsplash/Sidekix Media Ilustrasi dapur
Putih sebagai warna dapur akan selalu menjadi tren teratas. Dinding putih, meja, dan wastafel menciptakan jeda visual dari warna lain di dapur kecil.

Putih memungkinkan Anda menambahkan warna aksen yang kuat seperti hitam, lemari khusus dalam warna yang tidak terduga, dan memaksimalkan tampilan ruang.

Dapur bergaya farmhouse modern atau pertanian dengan palet warna putih dan hitam sangat cocok untuk dapur kecil. Aksen dapur rumah pertanian modern dengan lemari dan lantai kayu sedang hingga ringan untuk tampilan yang nyaman dan luas. 

Baca juga: 6 Ide Renovasi Dapur Kecil agar Nyaman dan Terasa Luas

Biru muda

Biru muda membawa energi lembut dan positif ke dalam ruang kecil, termasuk dapur kecil. Biru muda membangkitkan keterbukaan langit serta memberikan suasana dapur yang lapang.

Plafon dengan warna biru muda menjadi cara populer untuk membuka ruang kecil dengan menciptakan kembali perasaan langit di atas kepala.

Untuk warna aksen, memasangkan dinding atau lemari biru muda dengan warna hitam dan putih langsung mengangkat dapur kecil menjadi keindahan klasik.

Baca juga: 6 Ide Menghemat Ruang Penyimpanan di Dapur Kecil

Sage green 

Ilustrasi dapur dengan nuansa warna hijau. SHUTTERSTOCK/NMC2S Ilustrasi dapur dengan nuansa warna hijau.
Hijau bisa menjadi warna yang rumit untuk dapur dan mudah tersandung pada warna yang salah. Namun, sage green atau hijau keabu-abuan dianggap netral. 

Warna abu-abu dari sage green termasuk dalam kategori keren, tetapi cukup lembut untuk dipasangkan dengan aksen hangat seperti warna kayu di sekitar dapur kecil.

Warna aksen yang cocok dengan sage green adalah warna hangat dan dingin. Kuning memotong kelembutan nada sage green dan memberikan aksen tajam. Biru pucat memainkan nada biru halus dari sage green untuk palet warna yang menenangkan. 

Baca juga: 5 Trik Memaksimalkan Ruang Penyimpanan di Dapur Kecil

Abu-abu

Abu-abu muda, abu-abu sedang, bahkan abu-abu arang bisa menjadi warna sempurna untuk dapur kecil. Abu-abu merupakan warna netral yang memiliki begitu banyak variasi sehingga cocok untuk berbagai gaya dekorasi dan palet warna.

Meski dianggap sebagai warna gelap, abu-abu arang yang dipasangkan dengan putih lembut dan perangkat keras kuningan yang lembut dapat membuat dapur kecil terasa lebih besar saat warnanya memudar secara visual.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com