Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Dapur Kecil? Ini Tips Memaksimalkan Ruang Penyimpanan

Kompas.com - 20/12/2021, 17:36 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki dapur kecil merupakan sebuah tantangan untuk mendesainnya, terlebih membuat ruang penyimpanan. Keterbatasan ruang membuat sulit membuat ruang penyimpanan di dapur.

Namun, sebetulnya Anda bisa memanfaatkan setiap sudut, celah, dan trik dengan sebaik-baiknya dapat membantu memaksimalkan ruang penyimpanan dan permukaan di dapur tanpa harus berkompromi dengan apa yang ada di dalamnya.

Kuncinya, menjaga dapur selalu rapi dan aman. Berikut tips memaksimalkan ruang penyimpanan di dapur kecil dilansir dari Home Serve Living, Senin, (20/12/2021). 

Baca juga: 3 Benda di Dapur yang Wajib Diberi Label, Apa Saja? 

Merapikan dapur 

Memiliki dapur kecil tapi rapi bukanlah hal yang mustahil untuk diwujudkan. Dengan cara menata ruangan yang tepat, kita bisa membuat ruangan dapur yang kecil tampak lebih lega dan nyaman.UNSPLASH/ROAM IN COLOR Memiliki dapur kecil tapi rapi bukanlah hal yang mustahil untuk diwujudkan. Dengan cara menata ruangan yang tepat, kita bisa membuat ruangan dapur yang kecil tampak lebih lega dan nyaman.
Untuk memaksimalkan ruang penyimpanan di dapur, Anda harus mengurangi apa saja yang ada di sana seperti tumpukan buku masak yang telah mengumpulkan debu sejak, juicer yang sudah tidak digunakan lagi, dan beberapa barang lainnya harus segera disingkirkan.  

Gunakan dinding

Setiap inci dinding bisa menjadi ruang rak yang berharga. Siapkan rak untuk menyimpan barang pecah belah, piring, dan wajan.

Jika memiliki ruang kosong antara bagian atas lemari dan plafon, rak tambahan akan memberi tempat yang aman untuk menyimpan porselen.

Selain itu, rak pisau magnetik yang dipasang pada dinding juga dapat membersihkan blok pisau dari meja kerja. 

Baca juga: Perhatikan, 8 Benda yang Sebaiknya Tidak Diletakkan di Meja Dapur 

Pasang rel

Rel dapat dipasang ke dinding, bawah rak, di dalam pintu lemari, tepi lemari, dan setiap sudut dan celah cadangan lainnya.

Gunakan pengait untuk menggantung peralatan masak, panci kecil, dan sendok garpu saji sehingga mengurangi beban pada laci. Rel pengait ini juga bisa ditempatkan dengan baik ke dalam rel di dalam pintu lemari.  

Baca juga: 7 Tips Memilih Lantai Dapur Terbaik, dari Anggaran sampai Lokasi Rumah

Menyimpan menggunakan stoples

Simpan bumbu masak dan makanan ke dalam wadah dan stoples yang dapat ditumpuk sehingga bisa menghemat lebih banyak ruang daripada tumpukan paket dan kotak yang tidak rapi.  

Pilih furnitur lipat

Di ruang yang sangat kecil, pertimbangkan menggunakan furnitur lipat sehingga dapat dilipat saat tidak digunakan.

Misalnya, meja lipat yang bisa dilipat ke dinding saat tidak digunakan serta kursi lipat dapat digantung pada pengait atau ditempatkan di samping kulkas. 

Baca juga: 6 Tips Feng Shui Dapur untuk Menciptakan Kemakmuran 

Manfaatkan setiap sudut sebaik mungkin

Ilustrasi dapur kecil, dapur sempit. PEXELS/MAX VAKHTBOVYCH Ilustrasi dapur kecil, dapur sempit.
Ruang sempit antara peralatan, lemari, dan dinding dapat diubah menjadi rak yang praktis atau ruang untuk menumpuk nampan dan talenan dengan beberapa trik DIY yang bagus. 

Manfaatkan rak sepatu

Rak sepatu kanvas yang tidak lagi digunakan dapat dimanfaatkan sebagai wadah penyimpanan di dapur.

Rak ini dapat dipasang pada bagian belakang pintu dapur atau bagian dalam lemari tinggi untuk membuat penyimpanan ekstra untuk bumbu, bahan, tutup panci, dan lainnya. 

Baca juga: 5 Tata Letak yang Dapat Diadaptasi di Semua Jenis Dapur 

Buat ruang permukaan ekstra

Talenan kayu besar dapat diletakkan di atas wastafel untuk mengubahnya menjadi area persiapan sementara. Jika membutuhkan lebih banyak ruang, troli atau blok daging di atas roda memberikan penyimpanan ekstra. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com