Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Tepat Menggunakan Kotak Pasir Kucing di Rumah agar Tidak Berbau

Kompas.com - 09/03/2022, 16:50 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kotak pasir kucing berfungsi mengendalikan kotoran kucing peliharaan di dalam rumah.

Dengan menggunakan kotak pasir kucing, rumah akan terbebas dari kotoran yang memungkinkan mengotori berbagai area di rumah. 

Baca juga: Ini Alasan Perlu Mengganti Kotak Pasir Kucing dan Sendoknya

Akan tetapi, dilansir dari Pets-The Nest, Rabu (9/3/2022), kebersihan kotak pasir kucing harus diperhatikan agar tidak menimbulkan bau tidak sedap di rumah.

Berikut cara tepat menggunakan kotak pasir kucing agar tidak berbau dan mengganggu kegiatan di rumah.  

Tempatkan pada semua area rumah

Untuk penghematan, campur pasir kemasan dengan pasir biasa yang sudah diberi baking soda.SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO Untuk penghematan, campur pasir kemasan dengan pasir biasa yang sudah diberi baking soda.
Tempatkan kotak pasir kucing pada semua area di rumah. Idealnya, miliki setidaknya satu kotak pasir kucing untuk setiap kucing dan tambahkan satu kotak pasir lagi sebagai cadangan. 

Baca juga: Ini Alasan Perlu Mengganti Kotak Pasir Kucing dan Sendoknya 

Keluarkan setidaknya sekali sehari

Keluarkan kotak pasir kucing setidaknya sekali sehari dan buang kotorannya ke dalam kantong tertutup atau terikat.

Jangan pernah menyiram kotoran kucing, kecuali menggunakan pasir yang diformulasikan khusus untuk menyiram. Jika tidak, Anda akan memiliki masalah yang jauh lebih besar daripada kotak pasir yang bau. 

Baca juga: 3 Cara Mencegah Bulu Kucing Kusut 

Buang pasir lama 

Bersihkan kotak pasir kucing setidaknya satu hingga dua kali dalam seminggu. Bersihkan dengan detergen kekuatan ringan dan gosok secara lembut. 

Setelah itu, buang pasir lama dan ganti dengan pasir baru. Jika menggunakan pasir beraroma harum, itu lebih baik. Pasir beraroma dapat membuat kucing peliharaan berpikir dua kali untuk membuang kotoran di dalamnya.

Jangan lupa juga membersihkan sendok pasir yang bisa menjadi keras dan kotor jika tidak mencucinya. Setelah itu, keringkan kotak pasir kucing dengan handuk, lalu isi ulang dengan pasir bersih dan segar sebanyak lima sentimeter.

Baca juga: Kucing Berjalan Pincang? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya 

Gunakan pasir yang sesuai

Ilustrasi kotak pasir kucing, anak kucing buang air di kotak pasir. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi kotak pasir kucing, anak kucing buang air di kotak pasir.
Gunakan pasir yang sesuai dengan kebutuhan kucing peliharaan. Misalnya, pasir tanah liat yang menggumpal mudah dibersihkan, tetapi dapat menimbulkan banyak debu yang mengganggu.

Pasir berbutir halus dapat terperangkap di dalam cakar kucing dan tersebar di seluruh rumah, sementara pasir berbutir besar lebih kecil kemungkinannya untuk tersebar di rumah. 

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Berkelahi di Rumah

Ganti kotak pasir kucing 

Buang dan ganti kotak pasir kucing setahun sekali. Goresan yang ditinggalkan kucing peliharaan di dalam kotak pasir dapat menahan bau dan bakteri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com