Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Murah Meriah, Ini 5 Trik Mendekorasi Rumah dengan Anggaran Terbatas

Kompas.com - 01/03/2022, 10:55 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menciptakan rumah yang indah tidak selalu harus menjadi urusan yang mahal.

Elemen furnitur dan dekorasi kelas atas terlihat cantik di papan Pinterest, tetapi tidak selalu praktis untuk dompet Anda. 

Baca juga: 5 Cara Mendekorasi Rumah Bergaya Skandinavia

Untuk itu, mendekorasi rumah tidak hanya memperhatikan faktor estetika, tapi juga harus mencerminkan selera dan gaya hidup penghuninya serta menyesuaikan dengan bujet. 

Jika baru pindah ke rumah baru dan ingin mengubahnya sesuai dengan selera Anda, berikut  trik mendekorasi rumah dengan anggaran terbatas tanpa mengorbankan estetika dikutip dari Architectural Digest, Selasa (1/3/2022). 

Baca juga: 8 Trik Mendekorasi Rumah dengan Anggaran Minim 

Beli furnitur berkualitas

Ilustrasi ruang keluarga dengan hiasan dindingUnsplash/Spacejoy Ilustrasi ruang keluarga dengan hiasan dinding
Abhishek Kathuria, pendiri Rosabagh, studio desain interior dan furnitur yang berbasis di Delhi, India, mengatakan berinvestasi dalam furnitur klasik dan abadi membutuhkan biaya mahal. 

Jika Anda mendekorasi rumah anggaran terbatas, Kathuria menyarankan beokus pada satu ruangan pada satu waktu. Namun, jangan pernah berkompromi dengan kualitas furnitur.

“Beli perabot yang nyaman dan fungsional dari merek terjangkau secara online,” kata desainer interior Priyanka Singh, pendiri Chalk Studio yang berbasis di Gurgaon, India. 

Jika memungkinkan, tunggu penjualan untuk mengambil potongan terbaik dengan harga diskon. 

Baca juga: 6 Ide Mendekorasi Kamar Tidur dengan Warna Coklat  

Gunakan perabotan lembut sebagai aksen dekorasi

Suparna Handa, Managing Director Sarita Handa, menjelaskan, perabotan lembut dapat digunakan dalam berbagai cara untuk meningkatkan suasana dan interior ruang tamu.

Anda dapat mengulang dekorasi kursi aksen atau sofa favorit, menggunakan taplak meja,  bahkan bantal sofa untuk melengkapi dekorasi rumah.  

“Gunakan bantal untuk menambahkan semburat warna. Perkenalkan bantal persegi dan persegi panjang dalam berbagai ukuran untuk sofa berbentuk L, sofa tiga dudukan, dan dua dudukan,” tambah Singh. 

Baca juga: 6 Tips Mendekorasi Ruangan agar Nyaman, Tenang, dan Bebas Stres 

Kembangkan skema pencahayaan yang baik

Ilustrasi ruang keluarga, ilustrasi pencahayaan di ruang keluargaUnsplash/Sidekix Media Ilustrasi ruang keluarga, ilustrasi pencahayaan di ruang keluarga
Kathuria mengatakan kebanyakan rumah mewah dipenuhi cahaya. Untuk mencapai efek serupa tanpa skema pencahayaan yang rumit, manfaatkan cahaya alami sebaik-baiknya.

Skema pencahayaan berlapis akan meningkatkan tampilan rumah. Kathuria juga menyarankan mengganti kap lampu atau lampu dinding lama saat mendekorasi rumah membutuhkan perubahan cepat. 

Baca juga: 6 Tips Menggunakan Cermin saat Mendekorasi Ruang Keluarga

Perkenalkan karya seni

Menurut Singh, cara termurah memperkenalkan seni adalah dmencetak gambar resolusi tinggi yang berkelas di atas kanvas dan memasangnya di dalam bingkai logam yang ramping. 

Selain itu, Neha Jain dari UDC Homes menyarakan bereksperimen dengan wallpaper hidup. “Untuk suasana dramatis, gunakan tiga sampai empat jenis wallpaper berbeda karena tidak akan membuat kantong Anda hangus,” katanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com