Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/03/2022, 09:05 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam hal investasi, ada dua aturan umum. Pertama, membeli rendah dan menjual tinggi. Kedua, mempertimbangkan lokasi.

Karena rumah adalah pengeluaran dan investasi terbesar dalam kehidupan kebanyakan orang, meningkatkan nilai rumah tentu bisa menguntungkan.  

Baca juga: 7 Hal Sepele yang Dapat Menurunkan Nilai Jual Rumah, Apa Saja?

Namun, menambah nilai sebuah rumah bukan hal yang mudah dilakukan. Biasanya, ini melibatkan uang, waktu, dan kerja keras.

Untungnya, ada cara murah dan mudah yang bisa menambah nilai rumah. Cara ini juga mudah dirawat serta bertahan lebih lama. 

Dilansir dari My Decorative, Selasa (1/3/2022), berikut lima cara meningkatkan nilai rumah

Baca juga: 4 Warna Cat Netral yang Dapat Menambah Nilai Jual Rumah

Atap baru

Ilustrasi rumahUnsplash/Johnson Johnson Ilustrasi rumah
Atap rumah yang bagus dan terawat dapat meningkatkan nilai rumah secara instan. Gunakan atap logam yang indah dan tahan lama untuk investasi jangka panjang.

Selain itu, atap logam bisa meningkatkan efisiensi energi serta mengurangi biaya asuransi. 

Tingkatkan eksterior

Setiap peningkatan untuk eksterior rumah akan menambah nilai rumah. Misalnya, menambah pintu depan baru, memasang dinding baru, membersihkan halaman depan rumah, membersihkan jendela, mengganti warna cat eksterior yang lebih menarik.

Apa pun yang dapat dilakukan pada eksterior rumah akan meningkatkan daya tarik tepi jalan rumah Anda sekaligus menambah nilai instan ke rumah. Pertimbangkan juga meningkatkan pintu garasi Anda. 

Baca juga: 5 Warna Cat yang Dapat Meningkatkan Nilai Jual Rumah

Pilih warna cat netral 

Untuk bagian dalam, rumah dengan warna cat netral akan meningkatkan nilainya. Misalnya, warna cat abu-abu yang halus dapat terlihat menawan bila dipasangkan dengan lis putih.

Saat mengecat rumah, pastikan membersihkan alas tiang dan kusen jendela. Pembeli rumah masa depan akan memperhatikan hal-hal itu.

Jika Anda memiliki trim kayu dengan noda usang, pertimbangkan mengecatnya untuk menyegarkan ruangan. Jangan lupa mengecat pintu interior rumah.  

Baca juga: 7 Tanaman Pembawa Keberuntungan ke Dalam Rumah

Perbarui lantai

Ilustrasi lantai vinyl.SHUTTERSTOCK / PHOTOCREO Michal Bednarek Ilustrasi lantai vinyl.
Selanjutnya, cara meningkatkan nilai rumah adalah memperbarui lantai. Anda akan terkejut betapa banyak ubin atau karpet baru yang dapat membantu nilai rumah Anda.

Untungnya, lantai ada di semua titik harga, jadi Anda dapat menemukan sesuatu yang sesuai dengan anggaran yang dimiliki.

Jika mencoba meningkatkan nilai rumah, tambahkan lantai baru ke ruangan tersibuk di rumah. Pertimbangkan menambahkan karpet mewah ke kamar tidur dan lantai indah untuk kamar mandi

Baca juga: 5 Fasilitas Luar Ruangan yang Dapat Menambah Nilai Jual Rumah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com