Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tanaman Hias Cantik dan Harum untuk Hadiah Valentine

Kompas.com - 14/02/2022, 12:50 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memberikan buket bunga mawar, bunga matahari, dan bunga lainnya pada orang tersayang saat hari Valentine sebetulnya memiliki kekurangan, yakni bunga tidak tahan lama.

Belum lagi, cara mengungkapkan rasa sayang ini juga membosankan. Nah, alih-alih memberikan buket bunga, cobalah mempertimbangkan memberikan tanaman hias pot saat hari kasih sayang. 

Baca juga: 7 Rekomendasi Buket Bunga Terbaik untuk Diberikan Saat Hari Valentine

Tanaman hias ini jauh lebih tahan lama, bisa tumbuh dan dirawat, serta mempercantik dan menyegarkan tampilan rumah

Ada banyak tanaman hias cantik dan harum yang tak kalah dari buket bunga untuk diberikan saat hari Valentine. Namun, tanaman apa pun yang dipilih, yakinlah bahwa itu akan dikagumi jauh lebih lama daripada sekotak coklat atau buket bunga mawar. 

Dilansir dari Treehugger dan Gardenista, Senin (14/2/2022), berikut enam tanaman hias cantik untuk diberikan saat Hari Valentine dan dijamin membuat orang tersayang merasa bahagia diperhatikan. 

Baca juga: 8 Ide Dekorasi Kamar Tidur Romantis untuk Hari Valentine 

Lily of the Valley (Convallaria majalis)

Ilustrasi bunga lily lembah atau lily of the valley Unsplash/Océane George Ilustrasi bunga lily lembah atau lily of the valley
Keharuman manis dari batangnya yang melengkung dan memilki bunga putih menjadikan bunga lily of the Valley atau lily lembah sebagai hadiah indah untuk diberikan kepada orang yang dicintai saat Hari Valentine.

Lily lembah tumbuh baik di berbagai kondisi tanah, termasuk tanah liat, serta lebih menyukai iklim sejuk dan banyak naungan.

Bunga berbentuk lonceng dan beraroma menarik ini sering digunakan dalam pembuatan bunga rampai. 

Baca juga: Ingin Menanam Benih Tanaman? Ini Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Anthurium

Ilustrasi tanaman anthurium Unsplash/Maria Elizabeth Ilustrasi tanaman anthurium
Anthurium memiliki bunga berwarna merah, putih, atau pink. Warna-warna ini adalah perwujudan dari kemewahan.

Bunga anthurium terdiri atas spathe berbentuk hati — sejenis daun yang dimodifikasi  mengelilingi gugusan bunga — dan spadix tengah yang sangat falus.

Tanaman hias ini membutuhkan suhu kamar rata-rata, kelembapan tinggi, dan tanah yang terus-menerus lembap, tetapi tidak tergenang air. 

Baca juga: 5 Manfaat Cangkang Telur untuk Tanaman dan Cara Menggunakannya 

Hoya heart

Ilustrasi hoya hearth, tanaman hiasUnsplash/Severin Candrian Ilustrasi hoya hearth, tanaman hias
Tanaman hoya hearts atau hoya Valentine (Hoya kerrii) adalah pilihan hadiah klasik untuk diberikan saat hari Valentine. Meski kecil, hoya heartsterbentuk sempurna dengan pesan cinta yang jelas, yakni bentuknya seperti hati atau love.

Tanaman hias ini hampir tidak bisa dihancurkan seperti tanaman hias lainnya, asalkan tidak menyiramnya dengan air berlebihan.

Namun, berhati-hatilah sangat sedikit dari stek Hoya ini tumbuh lebih jauh dari daun tunggal aslinya. Tanaman hias ini ideal untuk diletakkan di ambang jendela kecil. 

Baca juga: 4 Tanaman Hias Terbaik untuk Kamar Mandi Menurut Feng Shui 

Anggrek moth

Ilustrasi anggrek ngengat atau moth orchid (Phalaenopsis spp.)SHUTTERSTOCK/Chuchawan Ilustrasi anggrek ngengat atau moth orchid (Phalaenopsis spp.)
Anggrek moth atau anggrek ngengat memiliki bunga cantik yang mewah dan mampu bertahan selama enam bulan.

Tentu saja, ini jauh lebih baik daripada buket bunga. Cobalah memilih anggrek berwarna magenta dan putih yang indah, yang beraroma harum. 

Melati bintang (Trachelospermum jasminoides)

Tanaman hias melati bintang memiliki aroma manis yang berterbangan di udara. Tanaman tahunan berkayu ini menghasilkan bunga kecil putih dan tumbuh baik bila ditempatkan di area teduh sebagian. 

Baca juga: 6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menanam Bibit Tanaman 

Philodendron daun hati (Philodendron hederaceum)

Tanaman merambat yang indah ini sering disebut tanaman manis karena daunnya yang lucu dan berbentuk hati. Philodendron daun hati atau Heart-Leaf Philodendron mudah dirawat dan sangat cocok diletakkan di rumah dalam keranjang gantung.

Ketika ditanam di dalam ruangan dengan teralis, philodendron daun hati biasanya hanya tumbuh setinggi sekitar 1,2 meter. Philodendron lebih menyukai cahaya terang, tidak langsung, dan penyiraman dalam jumlah sedang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com