Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/02/2022, 11:18 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Memiliki anjing yang gemar bermain di luar rumah mungkin akan menyulitkanmu menjaga rumah tetap bersih.

Selain membawa debu dan kotoran, mereka juga dapat membuat rumah menjadi becek jika halaman sedang berlumpur akibat hujan.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Anjing Menekuk Telinganya ke Belakang

Disitat dari The Nest, Senin (14/2/2022), terdapat beragam cara untuk membuat rumah bebas dari kotoran kaki anjing peliharaan yang kotor. Apa saja?

1. Buat pagar pembatas di halaman

Anjing juga bisa merasa frustrasi dan ini bisa menjadi kemungkinan penyebab anjing suka menggigit.UNSPLASH/BERKAY GUMUSTEKIN Anjing juga bisa merasa frustrasi dan ini bisa menjadi kemungkinan penyebab anjing suka menggigit.

Jika halamanmu memiliki titik yang kerap berlumpur ketika terkena air, kelilingi dengan pagar pembatas. Jadi, anjingmu tidak akan bermain ke sana.

Sementara untuk yang tinggal di daerah langganan hujan, sebaiknya kamu memasang bantalan beton supaya sahabat bulu bebas bemain di luar namun tetap menjaga kakinya bersih.

2. Pasang karpet luar ruangan

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan memasang beberapa karpet khusus area luar ruangan, tepatnya di jalur yang menuju pintu masuk rumah.

Dengan begitu, karpet akan menyerap air, kotoran, maupun lumpur dan mencegahnya masuk ke rumah. Pilih karpet yang kainnya padat dan kaku agar kotoran dihilangkan secara maksimal.

Baca juga: Bisakah Anjing Alergi pada Kucing? Ini Penjelasannya

Latih anjingmu untuk hanya berjalan di karpet, dan berdiam diri dulu di sana sebelum membuka pintu. Jangan lupa untuk memberi mereka makanan ringan sepanjang proses pelatihan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com