Kompas.com - 27/01/2022, 18:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu cara terbaik merampingkan rutinitas pembersihan adalah memotong kekacauan dari sumbernya. Dengan cara ini, Anda bisa mengurangi waktu proses pembersihan di dalam rumah.

Melansir dari Good Housekeeping, Kamis (27/1/2022), berikut delapan tips mencegah debu dan kotoran masuk ke rumah sehingga menghemat waktu membersihkan rumah

Baca juga: 7 Cara Efektif Menghilangkan Debu di Rumah

Gunakan keset di depan rumah

Ilustrasi keset.PEXELS/LISA FOTIOS Ilustrasi keset.
Keset membantu menjebak kotoran sebelum masuk ke rumah. Untuk benar-benar mencegah kotoran, Anda harus memiliki keset pada bagian luar dan dalam di setiap pintu masuk ke rumah.

"Hal yang perlu diperhatikan adalah sangat penting menjaga keset tetap bersih. Saya suka menyedot debu pada keset di kedua sisi. Menyedot debu pada bagian belakang sebenarnya mendorong lebih banyak kotoran yang menempel di sisi depan," kata Carolyn Forte, Direktur Lab Peralatan Rumah Tangga dan Pembersihan di Good Housekeeping Research Institute. 

Baca juga: 5 Manfaat Cuka Apel untuk Membersihkan Rumah dari Bau dan Noda 

Letakkan sepatu di luar rumah

Sepatu atau alas kaki lainnya yang masuk ke rumah akan membawa kotoran dari luar ruangan. Untuk itu, Anda harus meletakkanya di luar rumah serta terapkan aturan ini untuk menjaga agar tidak banyak kotoran yang tertinggal di ruang tamu

Rawat hewan peliharaan di luar ruangan 

Ilustrasi anjing - Anjing mengenakan sweater saat cuaca dinginUnsplash/Brian Wegman Ilustrasi anjing - Anjing mengenakan sweater saat cuaca dingin
Forte menyarakan menyimpan handuk di pintu belakang untuk menyeka dan mengeringkan bulu serta cakar hewan peliharaan sebelum masuk ke rumah.

Sikatlah hewan peliharaan sesering mungkin di luar ruangan untuk menghilangkan bulu yang berlebihan. 

Baca juga: 8 Kesalahan yang Dilakukan Saat Membersihkan Rumah, Justru Bikin Kotor 

Perhatikan jadwal membuka jendela

Membiarkan rumah sedikit bernapas pada hari yang berangin bisa terasa menyenangkan, tetapi ketahuilah bahwa jendela yang terbuka juga mengundang serbuk sari dan partikel lain ke dalam rumah. 

Hindari membuka jendela ketika hari sudah mulai sibuk dan banyak aktivitas yang terjadi di luar rumah seperti kendaraan yang berlalu lalang.  

Gunakan exhaust fan saat memasak 

Ilustrasi exhaust fan di kamar mandi. SHUTTERSTOCK/TH_GIM Ilustrasi exhaust fan di kamar mandi.
Forte mengatakan untuk menggunakan exhaust fan terutama saat menggoreng atau menumis. Ini akan membantu menjebak partikel minyak dan mencegahnya mengendap di permukaan. 

Baca juga: Manfaat Kain Mikrofiber untuk Membersihkan Rumah 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.