Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Tips Mencegah Debu dan Kotoran Masuk ke Rumah

Melansir dari Good Housekeeping, Kamis (27/1/2022), berikut delapan tips mencegah debu dan kotoran masuk ke rumah sehingga menghemat waktu membersihkan rumah. 

"Hal yang perlu diperhatikan adalah sangat penting menjaga keset tetap bersih. Saya suka menyedot debu pada keset di kedua sisi. Menyedot debu pada bagian belakang sebenarnya mendorong lebih banyak kotoran yang menempel di sisi depan," kata Carolyn Forte, Direktur Lab Peralatan Rumah Tangga dan Pembersihan di Good Housekeeping Research Institute. 

Letakkan sepatu di luar rumah

Sepatu atau alas kaki lainnya yang masuk ke rumah akan membawa kotoran dari luar ruangan. Untuk itu, Anda harus meletakkanya di luar rumah serta terapkan aturan ini untuk menjaga agar tidak banyak kotoran yang tertinggal di ruang tamu. 

Sikatlah hewan peliharaan sesering mungkin di luar ruangan untuk menghilangkan bulu yang berlebihan. 

Perhatikan jadwal membuka jendela

Membiarkan rumah sedikit bernapas pada hari yang berangin bisa terasa menyenangkan, tetapi ketahuilah bahwa jendela yang terbuka juga mengundang serbuk sari dan partikel lain ke dalam rumah. 

Hindari membuka jendela ketika hari sudah mulai sibuk dan banyak aktivitas yang terjadi di luar rumah seperti kendaraan yang berlalu lalang.  

Kosongkan vacuum cleaner di luar ruangan

Setelah  menyedot kotoran yang masuk ke rumah, pastikan membuangnya untuk selamanya. Partikel dapat melakukan perjalanan kembali ke udara jika Anda mengosongkan tabung di dalam ruangan. 

Karena itu, sebaiknya mengosongkan isi vacuum cleaner di luar ruangan. 

Bersihkan ventilasi secara teratur 

Debu yang mengendap di ventilasi dapat tertiup ke udara saat pemanas atau AC menyala sehingga perlu membersihkan ventilasi rumah secara teratur agar tidak terjadi penumpukan debu. 

Ganti atau bersihkan filter AC

Membersihkan filter AC setiap bulan tidak hanya memastikan mesin AC bekerja secara efisien, tapi juga efektif menjebak partikel debu sebelum tertiup masuk ke rumah. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/01/27/182800476/8-tips-mencegah-debu-dan-kotoran-masuk-ke-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke