Kompas.com - 27/01/2022, 17:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Sama dengan lantai, dinding rumah juga bisa terkena noda, dari cipratan makanan, minuman, hingga coretan krayon anak kecil.

Noda yang dibiarkan terlalu lama pada dinding bisa semakin sulit dibersihkan sehingga satu-satunya cara yang dapat dilakukan adalah mengecat ulang dinding. Tentu cara ini akan memakan biaya cukup besar. 

Namun, ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan beragam jenis noda dari dinding seperti dilansir dari Martha Stewart, Kamis (27/1/2022).

Baca juga: Bersihkan Noda di Dinding Dapur dengan Cara Ini 

Noda ringan dan berukuran kecil

Ilustrasi dinding, ilustrasi membersihkan dinding, ilustrasi noda, ilustrasi noda di dinding.SHUTTERSTOCK / mturhanlar Ilustrasi dinding, ilustrasi membersihkan dinding, ilustrasi noda, ilustrasi noda di dinding.

Jenna Arkin, Vice President of Innovation di ECOS, mengatakan bahwa cara menghilangkan noda pada dinding sebagian besar tergantung pada hasil akhir cat dinding.

“Untuk permukaan cat kamar mandi seperti tipe eggshell, semi-gloss, atau gloss, sebagian besar pembersih serbaguna dan kain mikrofiber dapat membersihkan noda dan sidik jari dengan mudah,” ujarnya.

Hal serupa juga berlaku untuk sebagian besar wallpaper. Namun, untuk permukaan matte, tes dulu produk pembersih pada area dinding yang tidak mencolok guna memastikan bahwa formula yang terkandung di dalamnya aman untuk cat.

Baca juga: 4 Bahan Alami untuk Membersihkan Dinding Shower dan Cara Membuatnya

Noda membandel dan berukuran besar

Untuk noda berukuran lebih besar atau noda membandel, coba gunakan pembersih atau spons yang memiliki abrasif lembut.

Mulailah pada bagian yang telah ditentukan, lalu tingkatkan tekanan dan kekuatan produk secara bertahap. Ini untuk memastikan kamu tidak memperburuk noda yang ada. 

Baca juga: 5 Warna Cat Bertema Tropikal untuk Nuansa Liburan di Rumah

Noda sidik jari

Ilustrasi dinding, ilustrasi membersihkan dinding, ilustrasi noda, ilustrasi noda di dinding.SHUTTERSTOCK / VH-studio Ilustrasi dinding, ilustrasi membersihkan dinding, ilustrasi noda, ilustrasi noda di dinding.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.