Kompas.com - 23/01/2022, 10:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Di banyak kota besar dengan lahan terbatas dan harga properti tinggi, banyak orang memilih tinggal di rumah yang lebih kecil.

Mereka yang tinggal di ruang kecil seperti apartemen studio akan menemukan tantangan untuk menciptakan rumah dengan feng shui yang baik. 

Baca juga: Pro Kontra Tanaman di Kamar Tidur Menurut Feng Shui, Baik atau Buruk?

Itu karena apartemen studio menyatukan dapur, ruang tamu, dan kamar tidur dalam satu ruang terbuka tanpa pemisahan yang jelas.

Berdasarkan prinsip feng shui, cara terbaik adalah memiliki kamar tidur yang terpisah dari bagian lain rumah, terutama dapur dan ruang tamu.

Alasannya, Anda akan kesulitan beristirahat ketika ada aktivitas di ruang yang tidak kondusif untuk tidur.

Jika ingin menarik energi atau feng shui positif ke apartemen studio, berikut beberapa cara mudah memperolehnya dilansir dari Feng Shui Beginner, Minggu (23/1/2022).  

Baca juga: 4 Tips Feng Shui Kamar Tidur untuk Menjamin Tidur Nyenyak dan Sehat

Declutter, declutter, dan declutter

Ilustrasi interior apartemen studio. PEXELS/MAX VAKHTBOVYCH Ilustrasi interior apartemen studio.
Karena ruang di apartemen studio terbatas, disarankan membersihkan barang-barang lama (declutter) yang tidak diinginkan untuk mengosongkan ruang untuk barang-barang yang lebih penting.

Jika memiliki terlalu banyak kekacauan, itu dapat membuat penyumbatan aliran udara dan energi stagnan yang tidak diinginkan. 

Baca juga: Perhatikan, 6 Tanda Rumah Memiliki Feng Shui Buruk

Prioritaskan pintu utama dan pintu masuk

Dalam feng shui, pintu depan rumah dikenal sebagai mulut Chi yang energinya masuk ke luar angkasa. Di apartemen kecil, sangat penting menjaga area ini tetap bersih dan rapi dengan pencahayaan yang baik.

Jangan letakkan sepatu, pakaian, atau benda yang tidak perlu di area ini. Anda juga harus memastikan bahwa pintu dapat terbuka sepenuhnya tanpa ada halangan di belakangnya. 

Baca juga: 3 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Ingin Membeli Rumah atau Apartemen  

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.