Kompas.com - 19/01/2022, 23:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika sedang mencari rumah atau apartemen baru untuk tempat tinggal, menentukan luas persegi yang ideal untuk kebutuhan Anda akan membantu mempermudah prosesnya.

Sebelum memulai, penting dicatat bahwa ukuran rumah rata-rata sebenarnya terus bertumbuh atau bertambah. 

Baca juga: 5 Tanda Mendekorasi Rumah Secara Berlebihan

"Rata-rata rumah yang dibangun pada 2019, 21 persen lebih besar dari rata-rata rumah yang dibangun sebelum 2019," kata Mischa Fisher, Kepala Ekonom di Angi—sebuah perusahaan bergerak di bidang home service—dilansir dari Martha Stewart, Rabu (19/1/2022). 

Saat mulai mencari rumah atau apartemen yang sempurna, Anda juga harus mempertimbangkan fakta bahwa rumah tertentu diciptakan untuk fase kehidupan tertentu.

Dengan memahami pada fase mana Anda berada, akan membantu menentukan persyaratan ukuran. 

Baca juga: Antisipasi Keadaan Darurat, Ini Perkakas Rumah yang Wajib Dimiliki

"Rata-rata luas persegi dari rumah baru entry-level dapat berkisar dari 130-157 meter persegi dan akan memiliki dua kamar tidur, dua kamar mandi, dan ruang kerja atau tiga kamar tidur dan dua kamar mandi," jelas Polina Ryshakov, Direktur Senior Penelitian dan Pemimpin Ekonom di Sundae—salah satu broker perumahan. 

Nah, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli rumah atau apartemen. 

Baca juga: 5 Tips Memilih Furnitur untuk Apartemen Kecil 

Pahami detail rekaman persegi penuh

Ilustrasi rumah - Tampilan desain teras rumah minimalis.SHUTTERSTOCK / AnnaTamila Ilustrasi rumah - Tampilan desain teras rumah minimalis.

Tidak semua bagian rumah termasuk ke dalam luas persegi formalnya. "Garasi, loteng, dan ruang bawah tanah yang belum selesai dapat dikecualikan dalam luas persegi serta lemari utilitas dan ruang tamu luar ruangan seperti teras, beranda, dan dapur luar ruangan," kata Fisher. 

Pastikan memikirkan bagaimana rumah atau apartemen sesuai dengan kebutuhan dan luangkan waktu berjalan di sekitar ruang untuk merasakan ukurannya.  

Baca juga: Ingin Merenovasi Rumah? Ini Tips Mengatur Keuangan agar Tak Kebobolan

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.