Kompas.com - 10/01/2022, 14:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Sama dengan manusia, anjing juga membutuhkan waktu untuk tidur. Meski demikian, waktu tidur anjing lebih lama, yakni sekitar 12-14 jam per hari. 

Ketika tidur, anjing memiliki gaya tidur cukup unik. Setidaknya, ada lima gaya tidur anjing dan semuanya memiliki arti tersendiri seperti dilansir dari Pet MD, Senin (10/1/2022). 

Baca juga: 4 Alasan Anjing Suka Mengikuti Pemiliknya

Pose singa

Ilustrasi anjing tidurUnsplash/Adam Grabek Ilustrasi anjing tidur
Stanley Coren, profesor, yang kini sudah berhenti atau emeritus, di Psychology Department, University of British Columbia, Kanada, menjelaskan, pose singa adalah posisi ketika anjing menaruh kepalanya di atas kakinya.

Pose itu menandakan bahwa anjing hanya sedang beristirahat, bukan tertidur lelap. 

“Jika kamu melihat seekor anjing dalam pose singa, mereka cenderung hanya tidur ringan dan tidak dalam keadaan tidur nyenyak,” papar penulis buku Do Dogs Dream?.

Baca juga: Pentingnya Mengelus Anjing Sebelum Ditinggal Sendiri di Rumah

Pose miring

Penyebab anjing suka menggigit juga bisa karena kaget, terutama ketika sedang tidur atau ada seseorang atau sesuatu yang tiba-tiba mendekat dari belakang.Unsplash/Irina Swlewcg Penyebab anjing suka menggigit juga bisa karena kaget, terutama ketika sedang tidur atau ada seseorang atau sesuatu yang tiba-tiba mendekat dari belakang.

Coren mengatakan pose miring adalah pose tidur paling umum yang dilakukan anjing. Anjing akan berbaring pada salah satu sisi dengan kaki yang diregangkan.

Pose ini berarti seekor anjing sedang santai, nyaman, dan menunjukkan tingkat kepercayaan terhadap lingkungannya.

Coren mengungkapkan anjing akan sering mulai istirahat dengan pose singa sebelum berganti ke pose miring ketika mulai tidur nyenyak.

“Saat anjing mulai bermimpi, ototnya akan rileks dan dia akan berguling ke posisi tidur normal dari pose singa,” ujarnya. 

Baca juga: 4 Fobia yang Umum Dialami Anjing dan Tanda-tandanya

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Pet MD
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.