Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketahui, Ini 5 Gaya Tidur Anjing dan Artinya

Ketika tidur, anjing memiliki gaya tidur cukup unik. Setidaknya, ada lima gaya tidur anjing dan semuanya memiliki arti tersendiri seperti dilansir dari Pet MD, Senin (10/1/2022). 

Pose itu menandakan bahwa anjing hanya sedang beristirahat, bukan tertidur lelap. 

“Jika kamu melihat seekor anjing dalam pose singa, mereka cenderung hanya tidur ringan dan tidak dalam keadaan tidur nyenyak,” papar penulis buku Do Dogs Dream?.

Coren mengatakan pose miring adalah pose tidur paling umum yang dilakukan anjing. Anjing akan berbaring pada salah satu sisi dengan kaki yang diregangkan.

Pose ini berarti seekor anjing sedang santai, nyaman, dan menunjukkan tingkat kepercayaan terhadap lingkungannya.

Coren mengungkapkan anjing akan sering mulai istirahat dengan pose singa sebelum berganti ke pose miring ketika mulai tidur nyenyak.

“Saat anjing mulai bermimpi, ototnya akan rileks dan dia akan berguling ke posisi tidur normal dari pose singa,” ujarnya. 

Houpt sempat melakukan studi pada anjing-anjing di tempat penampungan dan melihat seperti apa mereka tidur. “Mereka hampir selalu tidur seperti itu saat tidak terganggu, yakni melingkar,” kata Houpt.

Dia menjelaskan, anjing melakukan pose itu untuk membuat dirinya tampak sekecil mungkin sambil mengatur suhu tubuh. Kemudian, anjing akan meregangkan tubuh pada permukaan dingin ketika benar-benar hangat.

“Tapi, mereka lebih sering meringkuk. Menurut saya, ini karena pose itu membuat mereka merasa tidak terlalu rentan,” ucap Houpt.

Meski para peneliti tidak yakin 100 persen kenapa pose ini terjadi, Coren dan Houpt memiliki beberapa pemikiran dengan pose tersebut. 

“Bulu pada bagian bawah tubuh anjing tidak sedalam dan terlalu menginsulasi seperti bulu di seluruh tubuhnya,” jelas Coren.

“Apa yang disebut dengan pose superman juga merupakan respons terhadap lingkungan yang hangat. Namun, biasanya terjadi jika permukaan tempat anjing berbaring relatif lebih dingin dari udara di sekitarnya,” sambung dia.

Sementara itu, Houpt mengatakan anjing yang lebih kecil dan anak anjing lebih sering tidur dengan posisi kaki belakang diregangkan dibanding anjing lebih besar. 

“Kamu sering melihatnya pada Chihuahua dan Terrier. Saya pikir, mungkin ada beberapa alasan mekanis mengapa anjing yang lebih dari 20 pon (sekitar 9 kilogram) lebih susah melakukannya,” tuturnya.

Mengutip WHYY, banyak anjing memiliki dua lapis bulu, yakni lapisan bawah dan lapisan luar.

Deborah Mandell dari University of Pennsylvania Veterinary Hospital menjelaskan, lapisan bulu ini bekerja sebagai sistem insulasi pada anjing.

“Mereka dapat menangkap panas atau dingin. Untuk rumah ber-AC, bulu menyimpan lapisan udara dingin saat anjing pergi keluar. Jadi, lapisan bulu melindungi mereka saat musim panas,” kata Mandell.

Pose memeluk

Pose memeluk adalah ketika seekor anjing senang untuk tidur dengan merapatkan tubuh ke pemiliknya atau ke anjing lain di dalam rumah.

“Kebiasaan banyak anjing memeluk saat tidur adalah peninggalan saat mereka masih kecil. Sekali lagi, ini berkaitan dengan suhu karena anak anjing memiliki kesulitan dalam mengatur panas tubuh mereka,” imbuh Coren. 

Ketika anjing beranjak dewasa, tidur dengan posisi tersebut hanya menjadi sebuah perasaan nyaman yang dipelajari ketika masih kecil.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/01/10/144000676/ketahui-ini-5-gaya-tidur-anjing-dan-artinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke