Kompas.com - 18/12/2021, 11:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Orang-orang yang memelihara anjing tentu familiar dengan tatapan dan wajah anjing yang sedih ketika hendak bekerja meninggalkan rumah

Anjing yang merasa nyaman dengan pemiliknya ingin terus bersama atau ditemani pemiliknya. Namun, perilaku ini rupanya bak pisau bermata dua jika tidak diatasi dengan tepat.

Baca juga: Suka Ngobrol dengan Anjing? Ada Kemungkinan Mereka Mengerti 

Hal ini dapat menyebabkan anjing merasa cemas ketika berpisah dengan pemiliknya atau ditinggal sendirian di rumah. 

Dikutip dari Martha Stewart, Sabtu (18/12/2021), kecemasan karena perpisahan merupakan salah satu kecenderungan perilaku paling umum yang dialami anjing.

Faktanya, sekitar 20-40 persen anak anjing dapat menderita kecemasan tersebut pada beberapa titik dalam hidupnya. Untuk itu, kecemasan ini perlu segera diatasi. 

Baca juga: Bahaya Mengikuti Tren Menggonggong pada Anjing yang Viral di TikTok

Atasi kecemasan dengan mengelus anjing 

Ilustrasi anjing Shih Tzu Unsplash/Edson Torres Ilustrasi anjing Shih Tzu
Ada beragam cara mengatasi kecemasan akan perpisahan yang dialami anjing peliharaan, dari pelatihan, perhatian, hingga pengobatan.

Kendati demikian, sebuah studi yang dipublikasi dalam Journal of Veterinary Behaviour pada September-Oktober 2018 mengungkapkan, untuk mengatasi hal tersebut terkadang cukup mengelus kepala anjing untuk meyakinkan sahabat bulu bahwa kamu tidak akan meninggalkannya.

Baca juga: Bahaya Mengikuti Tren Menggonggong pada Anjing yang Viral di TikTok

Studi mengatakan membelai anjing dengan lembut sebelum pergi dapat meminimalkan respons stres pada anjing. 

“Studi percontohan ini menunjukkan, mengelus anjing sebelum perpisahan singkat dari pemiliknya memiliki efek positif,” ujar Chiara Mariti selaku penulis utama studi tersebut sekaligus Senior Researcher University of Pisa di Italia. 

Mariti menambahkan, efek positif yang didapat dari mengelus anjing sebelum pergi dapat membuat anjing lebih tenang selama perpisahan dibanding anjing yang tidak dielus. 

Baca juga: Benarkah Tanaman Sukulen Beracun untuk Anjing?

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.