Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Perubahan Kecil Ini Bikin Dapur Terlihat Mewah

Kompas.com - 08/01/2022, 11:10 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Jika Anda bermimpi memiliki dapur mewah, Anda mungkin berpikir untuk berinvestasi dalam peralatan baru dan renovasi. Padahal ada cara lain yang bisa dilakukan dan tentunya lebih hemat anggaran.

Bahkan, dalam banyak kasus, hanya memperbarui detail yang lebih kecil di dapur, sudah cukup memberikan kesan mewah untuk dapur Anda.

Melansir dari Hunker pada Sabtu (08/01/2022) berikut ini 6 perubahan kecil yang bikin dapur terlihat lebih mewah.

Baca juga: 6 Cara Mengusir Tikus yang Sembunyi di Lemari Dapur

Ganti lampu neon

Mark Lavender, desainer utama dan pendiri M. Lavender Interiors, merekomendasikan untuk mengganti perlengkapan langit-langit fluoresen Anda dengan versi LED dengan bola lampu 2700K.

"Ini akan menghangatkan ruangan dan membuatnya terlihat kurang industrial sambil [memberikan] cahaya yang cukup," katanya kepada Hunker. Juga, "jika ruang memungkinkan, tambahkan lampu ke meja dapur Anda."

Baca juga: 7 Ide Tempat Penyimpanan Bumbu Dapur agar Terlihat Rapi

Cat kabinet dapur

Ilustrasi microwave, meletakkan microwave yang terintegrasi ke kabinet dapurUnsplash/Jason Briscoe Ilustrasi microwave, meletakkan microwave yang terintegrasi ke kabinet dapur

Salah satu cara termudah untuk membuat dapur Anda terlihat lebih mewah adalah dengan mengecat lemari, kata Lavender.

Dia menyarankan untuk memilih lapisan semi-gloss atau gloss untuk menciptakan tampilan yang bergaya mahal.

"Lemari berwarna menjadi lebih populer," tambahnya, jadi mengecatnya dengan warna selain rona netral adalah cara yang tepat.

Baca juga: Dapur Serba Putih Diprediksi Tidak Lagi Jadi Tren Tahun Ini

Perbarui perangkat keras kabinet

Seperti yang dikatakan Lauren DeBello, desainer interior dan pendiri Lauren DeBello Interior, kepada Hunker, "Jika Anda mencoba membuat dapur Anda terlihat lebih mahal, perbarui perangkat kerasnya," ungkapnya.

Perangkat keras layaknya perhiasan, jika Anda menggunakannya dengan tepat dan merawatnya dengan baik maka akan membuat dapur sederhana jadi berkelas.

Baca juga: 4 Tips Menghilangkan Bau Apek pada Kabinet Dapur

Simpan peralatan kecil

"Menyingkirkan peralatan kecil seperti blender dan pemanggang roti akan langsung membuat dapur terlihat lebih besar dan [megah]," jelas Castro.

"Potongan-potongan ini bisa disembunyikan saat tidak digunakan," tambahnya. Pada akhirnya, ini akan memberikan lebih banyak ruang untuk potongan dekoratif.

Baca juga: Simak, Cara Menghilangkan Noda dan Bau Ompol pada Kasur

Bergayalah dengan niat

Sebuah dapur akan terlihat mewah jika barang-barang di dalamnya ditata dengan benar. "Tampilkan sebotol minyak zaitun yang bagus atau set garam dan merica yang cantik. Aksen yang bijaksana ini benar-benar dapat membuat perbedaan." ungkap DeBelloo.

Tambahkan karya seni yang unik

Ilustrasi dapur, kitchen islandUnsplash/Point3D Commercial Imaging Ltd. Ilustrasi dapur, kitchen island

"Salah satu tip favorit saya [untuk membuat] dapur terlihat lebih mahal adalah menambahkan karya seni yang unik," kata Katie Simpson, desainer interior senior di Mackenzie Collier Interiors.

Baca juga: 6 Renovasi Kecil yang Membuat Dapur Segar Kembali

 

Perlakukan ruang seperti galeri dengan menempatkan patung di rak mengambang atau cetakan berbingkai di permukaan yang tidak terduga, seperti bagian depan tudung ventilasi, sarannya.

"Trik ini memungkinkan ruang untuk merasa dikuratori dengan cermat," kata Simpson kepada Hunker.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com