Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/01/2022, 11:14 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Houzz

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur menjadi salah satu ruangan di rumah yang dipenuhi barang-barang dan peralatan elektronik, di antaranya kompor, kulkas, microwave, oven, dan wastafel

Hal ini tak jarang membuat sulit bergerak dan arus lalu lintas dapur tersendat, terlebih di dapur kecil. Untuk itu, penting menata peralatan dapur dengan baik. 

Baca juga: Microwave Tidak Memanaskan Makanan? Ini 3 Penyebabnya

Misalnya, microwave. Peralatan elektronik untuk memanaskan makanan ini dapat diletakkan dengan berbagai cara sehingga membuat dapur tertata, mudah dijangkau, dan memudahkan pergerakan di dapur.

Melansir dari Houzz, Minggu (2/1/2022), berikut lima ide meletakkan microwave di dapur beserta kelebihan dan kekurangannya. 

Baca juga: Catat, 5 Bahan Makanan Ini Tidak Boleh Dipanaskan dengan Microwave 

Di bawah konter

Ilustrasi microwaveUnsplash/Andrea Davis Ilustrasi microwave
Tidak punya banyak ruang counter atau kabinet atas? Pertimbangkan untuk mengganti laci bawah dengan lemari microwave.

Ini memberi kelebihan microwave tetap bersih dan garis pandang terbuka, terutama saat dipasangkan dengan rak atas yang lapang.

Namun, penyimpanan ini juga membuat microwave terlalu rendah sehingga memindahkan piring ke dalam dan keluarnya bisa menjadi gangguan. Plus, jika memiliki anak kecil yang penasaran, ini bisa menjadi penempatan yang berbahaya. 

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Diketahui Saat Memanaskan Makanan Bayi ke Microwave 

Terintegrasi ke dalam kabinet

Ilustrasi microwave, meletakkan microwave yang terintegrasi ke kabinet dapurUnsplash/Jason Briscoe Ilustrasi microwave, meletakkan microwave yang terintegrasi ke kabinet dapur
Ini menjadi penempatan yang ramping bagi mereka yang menyukai tampilan peralatan berfitur indah. Menempatkan microwave terintegrasi ke dalam kabinet juga memudahkan untuk menjangkaunya. 

Namun, bila diletakkan terlalu jauh dari counter, kesulitannyaa adalah tidak punya tempat untuk meletakkannya dengan cepat.

Pastikan kabinet dapur pada ketinggian dan ukuran yang baik sehingga memudahkan serta mendapatkan tampilan yang sempurna. 

Baca juga: Catat, Begini Cara agar Microwave Lebih Tahan Lama 

Di lemari cadangan

Sama dengan gaya terintegrasi, pengaturan ini memungkinkan Anda meletakkan microwave pada ketinggian yang nyaman (atau pada lemari yang jarang digunakan untuk menghemat ruang) dengan biaya rendah.

Namun, penempatan ini akan mengganggu bagi mereka yang sering menggunakan microwave.

Jangan lupa memeriksa panduan pengguna microwave untuk memastikan bahwa pintu yang terbuka akan memberikan ventilasi panas yang cukup. 

Baca juga: Tak Cuma Panaskan Makanan, Microwave Juga Bisa Dipakai untuk 9 Hal Ini 

Di bagian atas kabinet

Ilustrasi microwave, meletakkan microwave di bagian atas kabinet dapurUnsplash/JOSBRA design Ilustrasi microwave, meletakkan microwave di bagian atas kabinet dapur
Penempatan microwave ini tidak selalu menjadi pilihan yang bagus, tetapi efektif  memanfaatkan ruang dapur yang terbatas sebaik-baiknya.

Namun, kekurangannya adalah penempatan microwave yang terlalu tinggi membuat pengguna sulit menjangkau dan melihat ke dalam.

Jadi, pastikan menempatkan microwave masih dalam jangkauan, yakni tidak terlalu tinggi, tapi masih dalam posisi atas. 

Baca juga: Trik Menghilangkan Noda pada Wadah Microwave 

Di tempat minuman

Penempatan microwave ini menjadi pilihan cerdas untuk dapur butler’s, stasiun bar bawah tanah, atau ruang persiapan makanan sekunder lainnya.

Namun, penempatan ini tidak ideal bila Anda hanya memiliki satu microwave yang jauh dari kulkas atau ruang persiapan utama jika sering digunakan untuk memasak.

Masalah konstruksi tipikal akan berlaku, tergantung pada bagaimana microwave dipasang. Jika microwave adalah satu-satunya alat utama yang terlihat, pertimbangkan untuk menampilkannya sebagai aksen daripada menyembunyikannya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com