Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tanaman Musim Panas yang Bisa Diletakkan di Dalam Ruangan

Kompas.com - 02/01/2022, 09:18 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Bobvila

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak tukang kebun menempatkan tanaman hias mereka di luar ruangan selama musim panas dan menikmatinya di dalam ruangan sepanjang tahun.

Strategi ini bisa Anda coba untuk membawa tanaman musim panas ke dalam ruangan saat suhu dingin sehingga tanaman bersiap untuk bersinar lagi saat musim panas tiba. 

Baca juga: Cara Membasmi Ulat Pemakan Tanaman

Namun, sebelum membawa tanaman cuaca panas ini ke dalam ruangan saat musim dingin, Anda harus melakukan sedikit persiapan.

Mulailah dengan memeriksa hama dan mengobatinya serta merepotting tanaman jika membutuhkannya, dan kurangi atau menghilangkan pemupukan.

Melansir dari Bobvila, Minggu (2/1/2022), berikut enam tanaman musim panas yang dapat dibawa ke dalam ruangan saat cuaca dingin. 

Baca juga: 5 Tanaman Ini Bisa Diperbanyak dengan Stek Media Tanah dan Caranya 

Palem

Beberapa pohon palem kuat pada musim dingin di Deep South—kawasan Amerika Serikat— tapi sebagian besar pohon palem harus menahan musim dingin. Untuk itu, jangan biarkan tanaman palem terkena cuaca dingin.

Saat suhu malam turun ke 50-an, pindahkan palem ke dalam ruangan yang mendapat banyak cahaya. Sirami palem secara teratur untuk menjaga tanah tetap lembap sampai musim semi dan bawa kembali ke luar rumah setelah semua bahaya embun beku berlalu. 

Baca juga: 4 Manfaat Substrat untuk Tanaman Aquascape

Kaktus

Ilustrasi tanaman kaktus di dalam pot. FREEPIK/RACOOL_STUDIO Ilustrasi tanaman kaktus di dalam pot.
Tinggalkan tanaman kaktus dan sukulen di luar ruangan hingga akhir musim sehingga kombinasi hari yang lebih pendek dan malam yang lebih dingin akan merangsang respons dormansi.

Awasi termometer dan mengetahui ambang batas suhu rendah untuk jenis kaktus Anda. Beberapa varietas kaktus mampu menahan suhu 20 derajat Celsius, tetapi yang lain tidak.

Secara umum, kaktus tumbuh paling baik di lokasi sejuk, bahkan tidak dipanaskan, dan terang dengan sedikit air. Transisikan tanaman kaktus kembali keluar pada awal musim semi. 

Baca juga: 5 Tanaman yang Tak Disukai Siput 

Pohon jeruk

Pohon jeruk aktif tumbuh dan berbunga—dan mungkin juga mematangkan buah—pada musim dingin. Pindahkan tanaman dengan hati-hati ke dalam ruangan yang terang benderang, idealnya dijaga antara 12 dan 21 derajat Celsius sebelum cuaca beku tiba.

Tanaman jeruk sensitif terhadap efek pengeringan udara, jadi yang terbaik adalah menempatkannya jauh dari ventilasi panas dan angin dingin. Berikan kelembapan tambahan dengan nampan kerikil atau gerimis biasa. 

Baca juga: 6 Tanaman yang Cocok Diletakkan di Tepi Kolam Renang

Kembang sepatu tropis 

Ilustrasi kembang sepatuUnsplash/Jeff Kingma Ilustrasi kembang sepatu
Pindahkan tanaman kembang sepatu tropis di dalam ruangan saat suhu selama semalam mencapai 10 derajat Celsius. Tempatkan kembang sepatu di ruangan yang terang benderang dan perlakukan mereka seperti tanaman hias biasa.

Selain itu, jaga agar tanah tetap lembap, tetapi tidak jenuh, dan beri kembang sepatu tropis nutrisi secara teratur.

Kemudian, menghindari ventilasi panas dan angin dingin serta letakkan tanaman di atas nampan kerikil untuk meningkatkan kelembapan sekitar jika perlu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com