Kompas.com - 30/11/2021, 11:41 WIB
Ilustrasi memasak brokoli dengan microwave Shutterstock/LightField StudiosIlustrasi memasak brokoli dengan microwave

JAKARTA, KOMPAS.com - Microwave menjadi salah satu alat elektronik yang sangat membantu untuk menghangatkan makanan dengan cepat dan mudah. Memang, microwave tak sekotor oven, namun menjaganya tetap bersih menjadi salah satu hal yang dapat memperpanjang masa pakai microwave.

Melansir dari Consumer Reports, Selasa (30/11/2021) untuk menghindari penggantian lebih dari sekali setiap 10 tahun, Anda harus memberikan perawatan pada alat elektronik tersebut.

Berikut beberapa cara agar microwave memiliki masa pakai lebih lama. 

Baca juga: Trik Menghilangkan Noda pada Wadah Microwave

1. Lakukan pembersihan segera setelah ada noda

Bersihkan tumpahan segera setelah terjadi. Potongan makanan yang tertinggal dapat menyerap sebagian energi microwave saat Anda menyalakannya kembali, menciptakan titik panas yang dapat merusak interior.

Berhati-hatilah untuk tidak menggores jaring pelindung di dalam pintu jika terbuka, karena mencegah gelombang mikro keluar dan menyetrum.

2. Nyalakan cooker hood

“Sering kali pengguna tidak akan menyalakan cooker hood saat memasak di atas kompor tanam, menyebabkan uap air dari panci dan wajan terkumpul pada elektronik microwave dan memperpendek masa pakainya,” kata Wayne Archer, pakar teknis di Sears. 

Jika kelembapan terkumpul, bersihkan dengan tisu dapur atau kain lembut.

Baca juga: Harus Tahu, Ini 6 Perbedaan Antara Oven dan Microwave

3. Jangan membanting pintu

Pintu microwave Anda memiliki tiga (terkadang empat) sakelar interlock pengaman yang menonaktifkan oven saat pintu terbuka.

Agar microwave berfungsi dengan baik, sakelar harus sejajar dengan kait yang sesuai saat pintu ditutup.

“Semua mekanisme kait, dan sakelar pintu itu sendiri terbuat dari plastik, jadi membanting pintu microwave secara fisik dapat merusak salah satu komponen ini,” kata Chris Zeisler, supervisor layanan teknis di RepairClinic.com.

Rangkaian sakelar semuanya harus bekerja secara serempak. Kerusakan pada salah satu sakelar atau kait dapat membuat microwave tidak dapat dioperasikan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.