Kompas.com - 06/01/2022, 20:02 WIB
Ilustrasi kotak pasir kucing. SHUTTERSTOCK/GUAJILLO STUDIOIlustrasi kotak pasir kucing.

JAKARTA, KOMPAS.com - Agar kotoran kucing peliharaan tidak berbau, pemilik kucing akan menempatkan satu kotak pasir yang dijadikan kamar mandi untuk hewan peliharaannya tersebut.

Akan tetapi, di samping berguna bagi kucing untuk menempatkan kotorannya, ternyata pasir kucing juga bermanfaat bagi tanaman hias.

Dilansir dari Hunker, Kamis (6/1/2022), pasir kucing dapat memberikan elemen yang sangat dibutuhkan oleh beberapa tanaman hias untuk tumbuh subur dengan membantu drainase.

Baca juga: Alasan Kucing Menggaruk Pasir di Kotak Pasirnya Secara Berlebihan

Ilustrasi kucing - Seekor kucing yang sedang berada di dalam litter box atau kotak pasir kucing. SHUTTERSTOCK / Andrey Khusnutdinov Ilustrasi kucing - Seekor kucing yang sedang berada di dalam litter box atau kotak pasir kucing.

Tanaman hias termasuk sukulen dan tanaman umbi akan mati jika terlalu lama berada di tanah yang terendam air.

Ingatlah bahwa tanah yang dikeringkan dengan baik tidak hanya membiarkan kelebihan air. Agar efektif, tanah harus menciptakan ruang udara yang memberi oksigen bagi akar tanaman.

Sementara itu, pasir kucing yang tepat dapat menahan air yang cukup untuk mencegah tanaman mengering tetapi juga menyediakan aerasi dan drainase yang diperlukan.

Mencampur pasir kucing dengan tanah pot dan pasir hortikultura membuat tanaman ini hijau dan bahagia.

Ingin tahu manfaat pasir kucing untuk tanaman dan bagaimana cara menggunakannya? Berikut penjelasannya. 

Baca juga: Catat, Ini 8 Lokasi Terbaik Meletakkan Kotak Pasir Kucing di Rumah

1. Sweetheart hoya

Salah satu sukulen favorit banyak orangsaat ini adalah sweetheart hoya (Hoya kerrii). Tanaman ini terlihat dan bertindak seperti sukulen, dengan daun seukuran telapak tangan dalam bentuk hati yang sempurna.

Sebagian besar dijual sebagai satu daun dalam wadah, tetapi pada waktunya akan tumbuh yang diisi dengan daun hati yang berlilin.

 

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Hunker
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.