Kompas.com - 06/01/2022, 16:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -  Kebanyakan apartemen memiliki ruang atau lahan yang terbatas. Bahkan, apartemen kecil terasa berantakan, sumpek, serta gelap.

Hal ini tentu membuat tak nyaman, tidak leluasa bergerak, serta menjadi tantangan saat menata dan mendekorasinya. 

Baca juga: 6 Tanaman yang Dapat Ditanam di Apartemen Kecil

Solusi terbaik yang dapat dilakukan dengan ruang terbatas adalah membuat ruangan terasa lebih besar dan cerah.

Hal ini dapat dicapai dengan menghindari beberapa hal seperti penggunaan furnitur yang besar, terlalu banyak aksesori dekoratif, dan pencahayaan yang tidak memadai.

Nah, mengutip dari My Decorative, Kamis (6/1/2022), berikut enam ide membuat apartemen kecil terasa lebih luas dan cerah.  

Baca juga: 5 Tips Mendekorasi Dapur Mungil di Apartemen 

Cat dinding dengan warna putih

Ilustrasi interior apartemen studio. PEXELS/MAX VAKHTBOVYCH Ilustrasi interior apartemen studio.
Dinding putih bukan hanya tren untuk ruang yang bersih dan cerah, tetapi juga merupakan trik desainer untuk membuat ruangan terasa lebih terbuka.

Dengan memadukan cat putih halus dengan warna-warna alami pada furnitur, dapat membuat apartemen terasa lebih luas tanpa mengorbankan kehangatan nuansa bersahaja.

Saat memilih warna, gunakan palet netral seperti kulit cokelat, kayu, dan tekstur anyaman sambil mempertahankan aksen warna-warni yang terkandung dalam karya seni serta dekorasi. 

Baca juga: 5 Ide Menghadirkan Gaya Skandinavia di Apartemen 

Merangkul cahaya alami

Penggunaan warna jendela putih tipis yang sederhana memungkinkan lebih banyak cahaya masuk ke apartemen sehingga membuat ruangan tampak lebih cerah.

Selain itu, gunakan tirai ipis atau tirai anyaman yang masih memberikan banyak privasi tanpa membuat ruangan gelap. Ini sangat penting untuk jendela yang menghadap ke selatan dan barat yang menerima cahaya paling alami. 

Baca juga: 6 Cara Menambahkan Lebih Banyak Tanaman di Apartemen

Halaman:


Video Pilihan

Sumber My Domaine
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.