Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/01/2022, 18:51 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Tak hanya ikan hias dan tanaman air, keong juga menjadi bagian penting pada ekosistem aquascape. Keong memiliki jenis yang beragam dengan bentuk cangkang yang cantik sehingga menambah keindahan visual pada aquascape-mu.

Meskipun kecil, keong memegang peranan penting terutama dalam hal pembersihan. Untuk menciptakan ekosistem aquascape yang bersih, kamu bisa mengandalkan keong untuk membersihkan lumut yang menempel di kaca ataupun memakan alga.

Melansir dari Fish Tank Advisor, Sabtu(1/1/2022), berikut 5 jenis keong hias untuk aquascape.

Baca juga: 5 Tanaman yang Tak Disukai Siput

Apple snail

Keong apel dikenal sebagai pemakan alga yang sangat baik dan menyukai tanaman yang membusuk.

Tak seperti keong lainnya, siput apel lambat bereproduksi, namun sekali bertelur jenis keong ini bisa memproduksi 200-600 telur.

Mereka memiliki jenis jantan sendiri dan keong jenis betina sendiri, tidak seperti keong lain yang biasanya hermaprodit. Kamu bisa memelihara keong apel bersama dengan ikan cupang dan ikan mas.

Baca juga: Ada Siput pada Tanaman? Ini 4 Cara Menyingkirkannya

Rabbit snail

Jika kamu memiliki akuarium yang cukup besar, kamu bisa memelihara jenis keong kelinci. Keong ini memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dibandingkan spesies lainnya.

Keong kelinci yang berasal dari Sulawesi dan India ini memiliki cangkang berbentuk kerucut dengan warna beragam.

Keong ini sangat menyukai alga, namun saat mereka kelaparan mereka bisa memakan apapun yang ditemui seperti tanaman hias.

Baca juga: 10 Cara Alami Membasmi Siput di Halaman Rumah

Nerite snail

Keong nerit menjadi populer karena jenis keong ini memakan ganggang coklat atau diatom. Kebanyakan pemakan alga lainnya seringkali enggan memakan diatom ini.

Siput nerite memiliki beragam jenis dan kebanyakan spesiesnya berasal dari air asin. Namun mereka bisa beradaptasi dan tetap hidup dan bertelur di air tawar.

Baca juga: 5 Hama yang Sering Mengganggu Tanaman, Kutu Daun hingga Siput

Ramshorn snail

Keong ramshorn seringkali dianggap sebagai keong hama karena tingkat reproduksinya yang tinggi. Meskipun jenis keong ini sangat handal dalam hal bersih-bersih tangki akuarium.

Mereka juga memiliki bentuk cangkang yang cantik dengan warna beragam seperti biru, merah dan putih.

Jenis keong ini memakan alga, tanaman yang mati dan membantu tanaman hias untuk tumbuh.

Tapi, pastikan persediaan makanan mereka cukup, karena jika tidak mereka akan mulai memakan tanaman hias.

Baca juga: Cara Mengusir Siput dari Tanaman di Kebun Rumah

Malaysian trumpet snail

Sama seperti ramshorn yang tingkat reproduksinya tinggi, malaysian trumpet juga demikian. Namun jenis keong ini sangat berguna bagi aquascape-mu karena mereka menggali substrat dan memakan sisa-sisa tanaman yang membusuk, alga dan hewan yang mati. Mereka menghabiskan sebagian besar waktu di substrat dan keluar saat malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com