Kompas.com - 25/12/2021, 14:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemberian pupuk adalah salah satu cara untuk mendukung pertumbuhan dan kesehatan tanaman. Pupuk yang diberikan kepada tanamam dapat berupa pupuk alami dan pupuk kimia.

Namun demikian, dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Sabtu (25/12/2021), penggunaan pupuk kimia secara perlahan harus sudah mulai ditinggalkan, karena dapat merusak struktur tanah.

Selain itu, bagi tanaman sayuran, hortikultura, maupun tanaman buah, penggunaan pupuk kimia juga menghasilkan produksi pertanian yang kurang sehat dan cepat rusak.

Baca juga: Resep Pupuk Perangsang Bunga dan Buah, Pakai Micin dan Minuman Probiotik

Ilustrasi mengaplikasikan pupuk cair ke tanaman.anSHUTTERSTOCK/SIMON KADULA Ilustrasi mengaplikasikan pupuk cair ke tanaman.an

Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan pupuk organik atau pupuk alami. Adapun pupuk organik cair dapat menjadi pilihan untuk tanaman Anda karena pembuatan dan pengaplikasiannya cukup praktis.

Anda bisa membuat pupuk organik cair sendiri dengan menggunakan bahan yang banyak terdapat di sekitar kita. Salah satunya adalah buah busuk atau kulit buah.

Berikut cara membuat pupuk organik dari buah busuk untuk diberikan kepada tanaman sebagai nutrisi.

Alat dan bahan yang dibutuhkan

  • Ember yang mempunyai tutup
  • Pisau
  • Buah busuk atau kulit buah
  • Air gula atau air tebu
  • Dekomposer (MA 11)

Baca juga: Cara Membuat Pupuk Perangsang Bunga dari Minuman Probiotik

Cara membuat

Pertama, eiapkan ember yang mempunyai tutup dengan kapasitas 5 liter. Potong-potong kecil buah busuk dan atau kulit buah dan masukkan ke dalam ember sampai tiga perempat volume ember.

Tambahkan air gula atau air tebu yang sudah ditambahkan dengan dekomposer, yakni MA 11 dengan dosis 10 ml per liter air gula atau air tebu sampai wadah ember penuh. Selanjutnya, ember ditutup rapat dan dibiarkan sampai sekitar dua minggu.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.