Kompas.com - 21/12/2021, 09:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam tanaman buah di halaman atau pekarangan rumah memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah hasil panennya dapat langsung dikonsumsi.

Akan tetapi, seringkali tanaman buah yang ditanam di pekarangan rumah hanya memberikan pemandangan daun yang lebat tanpa berbuah. Padahal kita sudah bertahun-tahun menanamnya dan memberi pupuk.

Faktanya, tentu yang diharapkan pada saat menanam tanaman buah adalah menghasilkan buah yang lebat dan dapat dipanen sendiri di halaman rumah.

Baca juga: Cara Membuat Pupuk Perangsang Bunga dari Minuman Probiotik

Ilustrasi minuman probiotik. SHUTTERSTOCK/JULIA ZAVALISHINA Ilustrasi minuman probiotik.

Dilansir dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Selasa (21/12/2021), tanaman buah yang tidak berbuah seringkali terjadi karena tanaman tidak mendapatkan unsur hara yang dibutuhkan untuk pembentukan bunga dan buah. Akhirnya, hanya daun yang tumbuh subur.

Jika itu yang terjadi, maka tanaman buah membutuhkan pupuk perangsang agar dapat berbunga dan berbuah.

Anda dapat membuat sendiri pupuk perangsang bunga dan buah dengan bahan-bahan yang mungkin sudah ada di rumah dan mudah didapat.

Berikut ini resep pembuatan pupuk organik cair sebagai perangsang bunga dan buah untuk tanaman buah-buahan, menggunakan bahan-bahan yang mudah dan murah untuk mendapatkannya.

Baca juga: Cara Memanfaatkan Limbah Sayuran dan Buah untuk Pupuk Kompos

Bahan yang dibutuhkan

  • 1 atau 2 butir telur, ambil kuningnya saja
  • 1 botol minuman probiotik (misalnya Yakult)
  • 500 ml minuman isotonik (misalnya Pocari Sweat)
  • 2 sendok teh micin

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.