Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui, Ini Sederet Alasan Anjing Menggali Tempat Tidurnya

Kompas.com - 18/12/2021, 16:56 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Casper

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika hendak tidur, anjing memiliki ritual unik seperti berputar-putar di tempat tidurnya beberapa kali sebelum duduk atau meringkuk dengan selimut favoritnya. 

Bahkan, ada beberapa anak anjing yang menggaruk dan menggali di tempat tidurnya. Rupanya hal itu dilakukan anjing bukan tanpa alasan. 

Hampir setiap anjing menggali di tempat tidurnya karena naluri alami untuk membuat tempat tidur yang nyaman dan hangat untuk berbaring.

Baca juga: 5 Aksesori yang Dibutuhkan Anjing Saat Cuaca Dingin agar Tetap Hangat

Asal evolusi penggalian

Ilustrasi anjing berbaring di tempat tidurnyaUnsplash/Roberto Nickson Ilustrasi anjing berbaring di tempat tidurnya
Untuk memahami dari mana perilaku sebelum tidur ini berasal, pertama-tama Anda harus memahami sejarah anjing.

Mengutip dari Casper, Sabtu, (18/12/2021), sebelum menjadi hewan peliharaan, anjing dulu hidup di alam liar.

Anjing terus mengembangkan kebiasaan tertentu selama ini yang mungkin tampak aneh bagi kita sekarang, tetapi dulu penting untuk kelangsungan hidupnya. 

Hal ini menjelaskan bahwa perilaku anjing menggaruk dan menggali tempat tidurnya adalah naluri alami anjing. 

Baca juga: Pentingnya Mengelus Anjing Sebelum Ditinggal Sendiri di Rumah

Salah satu hal terpenting yang harus dilakukan anjing liar untuk bertahan hidup adalah belajar membuat perlindungan. Perilaku anjing domestik atau anjing luar ruangan sering mencerminkan hal itu.

Menggali menjadi cara bagi anjing yang tinggal di daerah dengan cuaca sangat dingin atau basah untuk menemukan perlindungan terhadap lingkungan mereka.

Anjing dapat membuat lubang dangkal di tanah untuk menghangatkan diri atau membuat permukaan yang keras lebih nyaman dengan membuat sarang dedaunan serta kotoran.

Namun, kini anjing peliharaan tidak perlu berlindung untuk bertahan hidup lagi. Meski begitu, naluri anjing untuk menggali terkadang masih muncul tengah bersiap-siap untuk menundukkan kepala. 

Baca juga: Suka Ngobrol dengan Anjing? Ada Kemungkinan Mereka Mengerti 

Alasan lain anjing menggali di tempat tidurnya

Ilustrasi anjing tidur di tempat tidur atau kasurUnsplash/Roberto Nickson Ilustrasi anjing tidur di tempat tidur atau kasur
Namun, naluri alami untuk membangun tempat berlindung bukan satu-satunya alasan anjing menggaruk atau menggali di tempat tidurnya. Berikut beberapa penyebab anjing menggali tempat tidurnya sebelum tidur. 

  • Menandai wilayah

Sama dengan kucing dan banyak makhluk berkaki empat lainnya, anjing memiliki kelenjar aroma pada bagian bawah kakinya, yang mengeluarkan feromon berbeda.

Menggaruk sesuatu bisa menjadi cara bagi anjing untuk menunjukkan kepada orang lain bahwa mereka telah menandai tempat tidur sebagai miliknya. 

Baca juga: Bahaya Mengikuti Tren Menggonggong pada Anjing yang Viral di TikTok

  • Keingintahuan

Alasan lain anjing menggali adalah sebagai cara menyelidiki sesuatu. Anjing berpikir bahwa ada sesuatu yang menarik bersembunyi di bawah bantal tempat tidurnya seperti sisa makanan atau mainan.

Menggali yang dilakukan anjing sebagai upaya untuk mendapatkan benda tersebut. 

Baca juga: Benarkah Tanaman Sukulen Beracun untuk Anjing?

  • Kecemasan

Jika penggalian anjing menjadi kompulsif dan tampaknya membuat mereka gelisah daripada menenangkannya, ini mungkin merupakan tanda dari beberapa kecemasan yang mendasarinya.

Cobalah berkonsultasi dengan dokter hewan untuk penyebab kecemasan pada anjing dan mengatasinya.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com